PELAKSANAAN PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PRAMBANAN

Put Yogta Rilotomo, - and Kuswanto Hardjo, - (2018) PELAKSANAAN PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PRAMBANAN. Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. (Unpublished)

[img] Text (KTI)
PUT YOGTA RILOTOMO_1315103_KARYA TULIS ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Naspub)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (189kB) | Preview
Official URL: http://www.unjaya.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Salah satu bentuk pelayanan administrasi di rumah sakit adalah pelayanan rekam medis. Penyelenggaraan rekam medis untuk memberikan pelayanan yang cepat. Terdapat kendala dalam pendaftaran pasien yaitu pelayanan yang diberikan terlebih dahulu untuk pasien online sedangkan pasien yang datang langsung harus menunggu sesuai dengan nomor antrian pendaftaran. Dalam hal ini menyebabkan pasien yang mendaftar langsung menjadi terhambat dan membutuhkan waktu tunggu yang cukup lama. Tujuan: Mengetahui pelaksanaan pelayanan pendaftaran pasien rawat jalan Metode: Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah petugas pendaftaran dan beberapa orang pasien rawat jalan. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi secara langsung guna melihat secara langsung pelayanan pendaftaran pasien rawat jalan baik secara online ataupun datang langsung dengan menghitung waktu yang dibutuhkan petugas untuk mendaftarkan calon pasien di loket pendaftaran menggunakan stopwatch dan menelaah hasil wawancara dengan observasi. Hasil: Pendaftaran tidak langsung di jelaskan dalam SOP pendaftaran rawat jalan melalui via wahtsapp RSUD Prambanan.. Pelaksanaan pelayanan pendaftaran secara tidak langsung sudah terlaksana sesuai dengan SOP Pendaftaran pasien secara langsung (online), hanya saja di dalam SOP tidak dituliskan pasien yang mendaftar secara tidak langsung dilayani terlebih dahulu. Pendaftaran pasien secara langsung di RSUD Prambanan sudah berjalan baik, namun pelaksanaan waktu tunggu pasien langsung membutuhkan waktu yang cukup lama. Dalam pelaksannan pendaftaran tidak langsung ada aspek yang tidak dicantumkan di SOP pendaftaran rawat jalan tapi dilakukan oleh petugas yaitu untuk pasien BPJS petugas mengarahkan pasien ke bagian verifikasi untuk dibuatkan surat SEP. Faktor yang memengaruhui pelaksanaan pelayanan pendaftaran rawat jalan yaitu pasien tidak membawa kartu berobat, tidak membawa surat rujuan yang salah, dan tidak membawa dokumen yang diperlukan.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan,Pelayanan, Pendaftaran pasien online dan non online
Subjects: Perekam Medis & Informasi Kesehatan > RM Manajemen Rekam Medis & Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Perekam Medis dan Informasi Kesehatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 14 Feb 2018 03:12
Last Modified: 15 Jan 2019 06:02
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/799

Actions (login required)

View Item View Item