FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMANFAATAN POSYANDU LANSIA DI POSYANDU LANSIA WREDHA SEJAHTERA DUSUN BINTARAN KULON SRIMULYO KECAMATAN PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA

Ninuk, Nurjayanti (2012) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMANFAATAN POSYANDU LANSIA DI POSYANDU LANSIA WREDHA SEJAHTERA DUSUN BINTARAN KULON SRIMULYO KECAMATAN PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA. Strata 1 thesis, STIKES JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Ninuk Nurjayanti_32105006_nonfull.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Ninuk Nurjayanti_32105006_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang : Keberadaan Posyandu bagi lansia merupakan salah satu pemenuhan kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang terjangkau, berkelanjutan dan bermutu, yang diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para lansia. Namun dalam kenyataannya aktifnya kegiatan Posyandu Lansia sering tidak diiringi dengan keaktifan kehadiran para lansia. Lansia yang tidak aktif datang ke Posyandu Lansia maka kondisi kesehatannya tidak dapat dipantau dengan baik. Di Posyandu Lansia Wredha Sejahtera Lansia yang aktif datang ke setiap bulannya sebanyak 48 Lansia dari 296 Lansia. Tujuan : Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan Posyandu lansia di Posyandu Lansia Wredha Sejahtera Dusun Bintaran Kulon Srimulyo Kecamatan Piyungan Bantul Yogyakarta. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sampel pada penelitian ini dilakukan dengan cara sampel jenuh (total populasi) dari seluruh populasi yaitu sebanyak 48 orang lansia. Hasil : Faktor predisposisi yang mempengaruhi pemanfaatan Posyandu lansia di Posyandu Lansia Wredha Sejahtera Dusun Bintaran Kulon, Srimulyo, Piyungan Bantul mayoritas masuk dalam kategori cukup yaitu sebesar 47,9% , faktor pendukung mayoritas masuk dalam kategori baik yaitu sebesar 85,4% dan faktor pendorong mayoritas masuk dalam kategori baik yaitu sebesar 54,1%. Kesimpulan : Faktor predisposisi dalam kategori cukup, faktor pendukung dalam kategori baik dan faktor pendorong dalam kategori baik.

Item Type: Thesis/Skripsi (Strata 1)
Additional Information: Dosen Pembimbing I Induniasih S. Kp., M. Kes., Dosen Pembimbing II Fajriyati Nur Azizah S. Kep., Ns.
Uncontrolled Keywords: Faktor predisposisi, faktor pendukung, faktor pendorong, Pemanfaatan Posyandu, predisposing factors, enabling factors, reinforcing factors, Posyandu
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PG Keperawatan Gerontologi,Gerontik,Lansia
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Tati Adityanti
Date Deposited: 25 Aug 2016 04:53
Last Modified: 25 Aug 2016 04:53
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/80

Actions (login required)

View Item View Item