HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEMAMPUAN SOSIALISASI ANAK DENGAN INTELLECTUAL DISABILITY DI SLB BAKTI SIWI SLEMAN YOGYAKARTA

Harom Wulandari, - (2014) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEMAMPUAN SOSIALISASI ANAK DENGAN INTELLECTUAL DISABILITY DI SLB BAKTI SIWI SLEMAN YOGYAKARTA. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text
Harom Wulandari_3209065_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Harom Wulandari_3209065_nonfull.pdf

Download (326kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Anak dengan intellectual disability mengalami kesulitan dalam hubungan dengan kelompok maupun individu di sekitarnya yaitu masalah penyelesaian diri yang meliputi kemampuan komunikasi dan sosialisasi. Keterbatasan sosialisasi pada anak akan membawa pengaruh pada kemampuan dan keterlibatan anak di lingkungan. Pola asuh yang diterapkan orang tua akan mempunyai pengaruh yang cukup berarti bagi perkembangan anak. Tujuan Penelitian: Mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan kemampuan sosialisasi pada anak dengan intellectual disability di SLB Bakti Siwi Sleman Yogyakarta. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini korelasi dengan pendekatan waktu cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua dan anak dengan intellectual disability di SLB Bakti Siwi Sleman berjumlah 72 orang. Teknik sampling menggunakan proportionat random sampling didapatkan sampel 59 orang. Analisis data menggunakan Korelasi Kendall’s Tau. Hasil Penelitian: Pola asuh orang tua pada anak intellectual disability di SLB Bakti Siwi Sleman Yogyakarta sebagian besar adalah demokratis (78%). Mayoritas responden mempunyai kemampuan sosialisasi yang sedang (52,5%). Hasil uji kendall tau didapatkan nilai signifikansi 0,002. Kesimpulan: Ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan kemampuan sosialisasi pada anak dengan intellectual disability di SLB Bakti Siwi Sleman Yogyakarta (p-value 0,002).

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1 :Dewi Retno Pamungkas Dosen pembimbing 2 :Retno Sumiyarini
Uncontrolled Keywords: pola asuh orang tua, kemampuan sosialisasi, intellectual disability
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PA Keperawatan Anak
P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PK Keperawatan Komunitas dan Keluarga
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 22 Nov 2017 01:20
Last Modified: 22 Nov 2017 01:20
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/812

Actions (login required)

View Item View Item