HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECEMASAN ORANGTUA DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK INTELLECTUAL DISABILITY MAMPU LATIH DI SLB BAKTI SIWI SLEMAN

Dewi Fitriana, - (2014) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECEMASAN ORANGTUA DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK INTELLECTUAL DISABILITY MAMPU LATIH DI SLB BAKTI SIWI SLEMAN. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text
Dewi Fitriana_3209076_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Dewi Fitriana_3209076_nonfull.pdf

Download (655kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Anak intellectual disability mempunyai fungsi intelektual yang rendah dan disertai perkembangan perilaku adaptif yang rendah. Setiap tahap perkembangan sosial seperti menolong diri, merawat diri dan menyesuaikan diri dengan lingkungan yang dialami anak intellectual disability selalu mengalami kendala. Mereka sering bersikap dan berperilaku dibawah usia biologisnya. Perilaku anak tersebut memberikan dampak yang kurang baik terhadap orang tua yaitu reaksi negatif seperti kecemasan pada orang tua. Yang akhirnya orang tua memberikan perlindungan atau larangan yang sangat berlebihan kepada anak. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara tingkat kecemasan orang tua dengan perkembangan sosial anak intellectual disability mampu latih di SLB Bakti Siwi Sleman. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimental yang bersifat kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah sampel sebesar 42 orang tua dari siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Bakti Siwi Sleman. Data dikumpulkan dengan kuesioner tingkat kecemasan TMAS (Taylor Manifests Aniety Scale) dan lembar observasi Vineland Sosial Maturity Scale (VSMS). Uji statistik menggunakan Kendall’s tau dengan tingkat kemaknaan α<0,05. Hasil: Sebagian besar responden orang tua memiliki tingkat kecemasan sedang sebanyak 21 orang (55,3%). Sedangkan perkembangan sosial anak intellectual disability mampu latih sebagian besar adalah rendah yaitu sebanyak 18 anak (47,4%). Hasil uji Kendall’s tau diperoleh nilai p=0,028 lebih kecil dari 0,05 (0,028<0,05) dengan nilai koefsien korelasi sebesar -0,328. Kesimpulan: Ada hubungan antara tingkat kecemasan orang tua dengan perkembangan sosial anak intellectual disability mampu latih di SLB Bakti Siwi Sleman.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1 :Dewi Retno Pamungkas Dosen PEmbimbing 2 :Retno Sumiyarini
Uncontrolled Keywords: Kecemasan, Perkembangan Sosial, Intellectual Disability
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PA Keperawatan Anak
P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PK Keperawatan Komunitas dan Keluarga
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 22 Nov 2017 01:27
Last Modified: 22 Nov 2017 01:27
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/813

Actions (login required)

View Item View Item