HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEPATUHAN LANSIA MENGIKUTI POSYANDU LANSIA DI POSYANDU DAHLIA JOGONALANLOR BANTUL YOGYAKARTA

Alex Mufida Riyanto, - (2014) HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEPATUHAN LANSIA MENGIKUTI POSYANDU LANSIA DI POSYANDU DAHLIA JOGONALANLOR BANTUL YOGYAKARTA. Strata 1 thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text
Alex Mufida Riyanto_3209042_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Alex Mufida Riyanto_3209042_nonfull.pdf

Download (624kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Lanjut usia dikatakan sebagai tahap akhir perkembangan pada daur kehidupan manusia, sedangkan menurut pasal 1 ayat (2), (3), (4) UU No. 13 tahun 1998 tentang kesehatan dikatakan bahwa lanjut usia adalah seseorang yang telah mencapai usia lebih dari 60 tahun. Proses menua berdampak pada berbagai aspek kehidupan baik sosial, ekonomi, dan terutama kesehatan. Masalah kesehatan sangat berpengaruh terhadap kemandirian dan kualitas hidup lansia. Peran keluarga atau orang terdekat sangat penting untuk memotivasi lanjut usia memeriksakan kesehatan ke pelayanan kesehatan karena keluarga memiliki kedekatan dan keterikatan baik fisik maupun emosional. Salah satunya pelayanan bagi lansia yaitu pelayanan ditingkat masyarakat adalah Posyandu lansia. Kepatuhan lansia mengikuti jadwal kunjungan ke posyandu dipengaruhi oleh faktor-faktor pemahaman tentang informasi, kualitas interaksi, keluarga serta keyakinan, sikap dan kepribadian. Tujuan: Diketahuinya hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan lansia mengikuti posyandu lansia di Posyandu Dahlia Jogonalanlor Bantul Yogyakarta. Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif korelasional yaitu penelitian yang mengkaji hubungan antar variabel. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Subyek penelitian adalah lansia yang tinggal dengan keluarga, yang berjumlah 54 sampel, untuk cara pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Uji statistik menggunakan Kendall Tau dengan tingkat kemaknaan p < 0,05. Hasil: Hasil analisa univariat menunjukan bahwa sebagian besar responden memiliki dukungan keluarga yang kurang (42,6%), dan sebagian besar tidak patuh (55,6%). Analisa bivariat dengan menggunakan Kendall Tau didapatkan hasil ada hubungan yang bermakna antara dukungan keluarga dengan kepatuhan lansia dalam mengikuti posyandu lansia dengan p-value = 0,001, dimana p-value tersebut lebih kecil dari pada nilai α = 0,05, dengan keeratan hubungan rendah koefisien korelasi 0,20 - 0,399. Kesimpulan: Ada hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan lansia dalam mengikuti posyandu lansia di Posyandu Dahlia Jogonalanlor Bantul Yogyakarta, dengan keeratan hubungan rendah.

Item Type: Thesis/Skripsi (Strata 1)
Additional Information: Dosen Penerima 1 :Induniasih Dosen Pembimbing 2 : Ratna Lestari
Uncontrolled Keywords: Dukungan Keluarga, Lansia, Kepatuhan dan Posyandu lansia
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PG Keperawatan Gerontologi,Gerontik,Lansia
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 22 Nov 2017 01:56
Last Modified: 22 Nov 2017 01:56
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/822

Actions (login required)

View Item View Item