HUBUNGAN PERSEPSI DENGAN KEPUASAN PASIEN TENTANG MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP RSUD WATES KULON PROGO YOGYAKARTA

Ridwan Mutsani, - and Nuryandari, - and Fajriyati Nur Azizah, - (2013) HUBUNGAN PERSEPSI DENGAN KEPUASAN PASIEN TENTANG MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP RSUD WATES KULON PROGO YOGYAKARTA. Strata 1 thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text
Ridwan Mutsani_3208026_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (700kB)
[img]
Preview
Text (Abstrak & Intisari)
Ridwan Mutsani Abstrak.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Pelayanan rumah sakit merupakan kegiatan yang diatur dalam pelayanan berdasarkan kebutuhan atau pandangan klien rawat inap. Pandangan atau persepsi adalah proses mental yang terjadi pada diri manusia yang akan menunjukkan bagaimana kita melihat, mendengar, merasakan, mengalami dan kemudian mengevaluasinya. Hasil dari proses evaluasi itu akan menghasilkan perasaan puas atau tidak puas menjadi keseriusan masalah mutu Rumah Sakit sehingga akan mempengaruhi citra Rumah Sakit itu sendiri. Berdasarkan studi pendahuluan di Rumah Sakit Umum Daerah Wates, setelah melakukan wawancara dengan 5 pasien didapatkan hasil 2 dari 5 pasien mengatakan puas dengan pelayanan rumah sakit. Tujuan: Mengetahui hubungan persepsi dengan kepuasan pasien tentang mutu pelayanan keperawatan di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Wates, Kulon Progo, Yogyakarta. Metode : Penelitian merupakan ini penelitian non eksperimental menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectoional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 36 pasien yang dirawat inap kelas III dengan tehnik pengambilan sampel total sampling. Metode analisis menggunakan korelasi Kendall Tau. Hasil Penelitian: Menunjukkan ada hubungan antara persepsi dengan kepuasan pasien tentang mutu pelayanan keperawatan di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Wates Kulon Progo Yogykarta, dengan nilai kemaknaan 0,000. Secara umum pelayanan yang diberikan di Rumah Sakit Umum Wates telah memenuhi harapan pasien sehingga pasien merasa cukup puas. Kesimpulan: Ada hubungan yang signifikan antara persepsi dengan kepuasan pasien tentang mutu pelayanan keperawatan di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Wates Kulon Progo Yogykarta. Nilai koefisiensi kontingensi sebesar 0,767 yang berarti hubungan persepsi dengan kepuasan pasien tentang mutu pelayanan di ruang rawat inap kuat.

Item Type: Thesis/Skripsi (Strata 1)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Nuryandari Dosen Pembimbing 2: Fajriyati Nur Azizah
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Kepuasan Pasien, Mutu Pelayanan Keperawatan.
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 12 Jul 2018 08:18
Last Modified: 12 Jul 2018 08:18
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/825

Actions (login required)

View Item View Item