HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG HIPERTENSI DENGAN FREKUENSI PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN PADA LANSIA DI DESA SAWANGAN KECAMATAN SAWANGAN KABUPATEN MAGELANG

Wahyuni Puji Widiastuti, - (2014) HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG HIPERTENSI DENGAN FREKUENSI PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN PADA LANSIA DI DESA SAWANGAN KECAMATAN SAWANGAN KABUPATEN MAGELANG. Strata 1 thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text
Wahyuni Puji Widiastuti_3209123_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Wahyuni Puji Widiastuti_3209123_nonfull.pdf

Download (594kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Usia harapan hidup manusia terus meningkat dari waktu ke waktu. Peningkatan jumlah usia lanjut akan membawa dampak di bidang kesehatan salah satunya yaitu penyakit hipertensi. Prevalensi hipertensi diprediksi meningkat 60% pada tahun 2025, yaitu sekitar 1.56 juta orang penderita. Peningkatan kasus ini disebabkan karena rendahnya kesadaran masyarakat untuk memeriksakan tekanan darah secara dini tanpa harus menunggu adanya gejala. Kurangnya pengetahuan penderita tentang tanda dan gejala hipertensi membuat penderita tidak memperdulikan keadaanya untuk pemeriksaan secara rutin. Berdasarkan data hasil kegiatan kesehatan kelompok lanjut usia di Puskesmas Sawangan II terdapat lansia yang menderita hipertensi yang paling tinggi berada di wilayah Kecamatan Sawangan. Prevalensi total kunjungan Lansia pada tahun 2012 yaitu 573 lansia dan terdapat sebesar 23% atau 101 lansia yang mengalami hipertensi. Tujuan Penelitian: Mengetahui hubungan pengetahuan tentang hipertensi dengan frekuensi pemanfaatan pelayanan kesehatan di Desa Sawangan Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang. Metode Penelitian: Merupakan penelitian kuantitatif non eksperimental dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah Lansia yang berumur 60 tahun keatas yang bertempat tinggal di Desa Sawangan Kecamatan Sawaangan Kabupaten Magelang yang terdiagnosa hipertensi pada tahun 2012. Total sampel penelitian adalah 81 orang yang terbagi dalam 6 Dusun di Desa Sawangan.Dengan menggunakan proportional random sampling. Analisa data menggunakan Chi-square dengan kemaknaan 0,05. Hasil Penelitian: Pengetahuan tentang hipertensi sebagian besar baik yaitu 47 orang (58%). Frekuensi pemanfaatan pelayanan kesehatan sebagian besar teratur yaitu 53 orang (65,4%). Secara statistik terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan tentang hipertensi dengan frekuensi pemanfaatan pelayanan kesehatan pada Lansia di Desa Sawangan Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang. Nilai signifikansi α hitung dimana 0,000 < α=0,05. Kesimpulan: Ada hubungan antara pengetahuan tentang hipertensi dengan frekuensi pemanfaatan pelayanan kesehatan pada Lansia di Desa Sawangan Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang.

Item Type: Thesis/Skripsi (Strata 1)
Additional Information: Dosen pEMBIMBING 1 :Endang Purwanti dOSEN pEMBIMBING 2 :Sulistyaningsih
Uncontrolled Keywords: Pengetahaun, hipertensi, pemanfaatan pelayanan kesehatan
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PG Keperawatan Gerontologi,Gerontik,Lansia
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 22 Nov 2017 02:10
Last Modified: 22 Nov 2017 02:10
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/827

Actions (login required)

View Item View Item