HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG MENSTRUASI DENGAN KESIAPAN MENGHADAPI MENARCHE PADA SISWI DI SD NEGERI NGEBEL TAMANTIRTO KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA

Ade Supriyadi, - (2014) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG MENSTRUASI DENGAN KESIAPAN MENGHADAPI MENARCHE PADA SISWI DI SD NEGERI NGEBEL TAMANTIRTO KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text
Ade Supriyadi_3208108_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Ade Supriyadi_3208108_nonfull.pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Menarche merupakan mestruasi pertama yang biasanya terjadi dalam rentang waktu 10-16 tahun pada perempuan. Perasaan bingung, gelisah dan tidak nyaman selalu menyelimuti perasaan seseorang wanita yang mengalami menstruasi pertama kali. Namun hal ini semakin diperparah apabila pengetahuan remaja tentang menstruasi sangat kurang. Kesiapan atau ketidaksiapan menghadapi menarche berdampak terhadap reaksi individual remaja putri pada saat menstruasi pertama yang berdampak positif atau negatif. Berdasarkan hasil study pendahuluan di SD Negeri Ngebel Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta didapatkan hasil bahwa siswi kurang memahami tentang menstruasi. Tujuan : Diketahui hubungan tingkat pengetahuan remaja putri tentang menstruasi dengan kesiapan menghadapi menarche di SD Negeri Ngebel Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswi kelas V dan VI SD Negeri Ngebel Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta berjumlah 32 siswi dengan tehnik pengambilan sampel total sampling. Analisa data menggunakan kendall tau. Hasil penelitian : Menunjukan ada hubungan antara pengetahuan remaja putri tentang menstruasi dengan kesiapan menghadapi menarche pada siswi di SD Negeri Ngebel Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta. Hal ini ditunjukan dengan nilai p (0,003) < 0,005. Dengan keeratan hubungan sedang (0,435) Kesimpulan : Ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan remaja putri tentang menstruasi dengan kesiapan menghadapi menarche pada siwsi di SD Negeri Ngebel Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta dengan keratan hubungan sedang.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1 :Induniasih Dosen Pembimbing 2 :Dwi Susanti
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, menarche.
Subjects: Keperawatan > PM Keperawatan Maternitas
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 22 Nov 2017 02:39
Last Modified: 22 Nov 2017 02:39
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/831

Actions (login required)

View Item View Item