FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERPANJANGAN MASA PERKULIAHAN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 ILMU KEPERAWATAN DI SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA

Bayu Prastyawan, - (2014) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERPANJANGAN MASA PERKULIAHAN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 ILMU KEPERAWATAN DI SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text
Bayu Prastyawan_3208072_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
Bayu Prastyawan_3208072_nonfull.pdf

Download (818kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Era globalisasi dalam lingkup perdagangan bebas antarnegara menuntut SDM yang berkualitas dan kompetitif. Perguruan tinggi memiliki andil mencetak SDM yang profesional melalui pendidikan. Dalam pelaksanaannya tentu ada kendala baik dari faktor internal perguruan tinggi, maupun faktor SDM, dalam hal ini mahasiswa. Mahasiswa yang tidak dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi dapat mengganggu proses perkuliahan/belajar, sehingga membuatnya mengalami perpanjangan masa perkuliahan atau turun tingkat. Hasil studi pendahuluan di BAAK Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jenderal Achmad Yani Yogyakarta menunjukkan bahwa terdapat 45 mahasiswa yang mengalami perpanjangan masa perkuliahan, dan persentasenya semakin meningkat tiap tahun. Tujuan : Diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi perpanjangan masa perkuliahan pada mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Keperawatan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif, dengan rancangan studi kasus deskriptif eksploratif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara mendalam. Populasi penelitian ini 45 mahasiswa, dan setelah dikriteriakan diperoleh informan berjumlah 8 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan langsung oleh peneliti, dibantu 1 orang asisten. Uji keabsahan data menggunakan uji credibility, dependability, dan confirmability. Analisa data melalui proses transkrip, reduksi, display, kesimpulan, dan verifikasi data. Hasil Penelitian : Faktor internal yang mempengaruhi perpanjangan masa perkuliahan pada mahasiswa program studi S1 ilmu keperawatan adalah jasmaniah, psikologis, dan kelelahan. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi adalah keluarga, institusi/kampus, dan lingkungan masyarakat. Kesimpulan : Ada banyak faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi perpanjangan masa perkuliahan pada mahasiswa program studi S1 ilmu keperawatan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1 :Ida Nursanti Dosen Pembimbing 2 :Masta Hutasoit
Uncontrolled Keywords: faktor yang mempengaruhi belajar, perpanjangan masa perkuliahan
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PK Keperawatan Komunitas dan Keluarga
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 22 Nov 2017 02:49
Last Modified: 22 Nov 2017 02:49
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/833

Actions (login required)

View Item View Item