GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG PERAWATAN GIGI PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SD NGRUKEMAN TAMANTIRTO KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA

Ade Ardiansyah, - and Latifah Susilowati, - (2018) GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG PERAWATAN GIGI PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SD NGRUKEMAN TAMANTIRTO KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA. Post-Doctoral thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text (Skripsi)
ADE ARDIANSYAH_22144038_Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text (Naspub)
ADE ARDIANSYAH_2214038_Fulltext.pdf

Download (464kB) | Preview
Official URL: http://www.unjaya.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Berdasarkan hasil riset kesehatan dasar masyarakat di Indonesia memiliki masalah gigi dan mulut sebesar 25%. pada siswa SD Ngrukeman Tamantirto Kasihan Bantul menyatakan bahwa siswa yang terkena karies gigi paling banyak berada di kelas IV dan V sebesar 17%. oleh karena itu, sebagian besar siswa belum mengetahui tentang perawatan gigi secara baik dan benar. Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana gambaran tingkat pengetahuan tentang perawatan gigi pada anak usia sekolah kelas IV dan V di SD Ngrukeman Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta. Metode Penelitian : Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV dan V di SD Ngrukeman Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta berjumlah 75 siswa dengan teknik pengambilan sampel adalah cluster sampling dengan menggunakan kriteria inklusi dan eksklusi. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan analisis univariat. Hasil Penelitian : Hasil penelitian ini adalah pengetahuan fungsi gigi dan penggunaannya secara benar dengan kategori baik sebanyak 24 (32%), pengetahuan tentang pengaruh makanan terhadap kesehatan gigi dengan kategori sedang 39 (52%), pengetahuan tentang pentingnya kebersihan dan pemeriksaan dengan kategori baik 29 (38,7%) Kesimpulan : Tingkat pengetahuan anak usia sekolah SD Ngrukeman Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta sebagian besar adalah memliki pengetahuan baik yaitu 39 responden (52,0%).

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Perawatan Gigi, Siswa Sekolah Dasar
Subjects: Keperawatan > PA Keperawatan Anak
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 14 Feb 2018 03:02
Last Modified: 15 Jan 2019 04:15
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/834

Actions (login required)

View Item View Item