HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN INTERNET DENGAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA ANAK USIA 10-12 TAHUN DI SDK NOTOYUDAN 1 YOGYAKARTA

Rudy Kusmiyanto AM, - (2013) HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN INTERNET DENGAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA ANAK USIA 10-12 TAHUN DI SDK NOTOYUDAN 1 YOGYAKARTA. Strata 1 thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text
Rudy Kusmiyanto AM_3208038_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Rudy Kusmiyanto AM_3208038_nonfull.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Masa kanak-kanak merupakan masa paling awal dalam rentang kehidupan yang akan menentukan perkembangan pada tahap-tahap selanjutnya. Dalam perkembangannya anak akan dihadapkan pada lingkungan sosial, anak akan berinteraksi dengan orang lain, belajar tentang nilai moral budaya dari lingkungan keluarga maupun dari lingkungan luar keluarga dan akan mengalami suatu perkembangan sosial. Untuk itu anak perlu mempelajari berbagai keterampilan sosial seperti kemampuan menjalin hubungan dengan orang lain, menolong orang lain, dan memiliki rasa empati, keterampilan sosial ini berkembang seiring bertambahnya usia anak. Keterampilan sosial anak sangat dipengaruhi oleh kondisi anak, lingkungan sosialnya, baik orang tua, teman sebaya, masyarakat sekitar, dan khususnya adalah media (teknologi internet; game online, facebook, dan twitter) merupakan media yang sangat popular dikalangan anak-anak. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas penggunaan internet dengan keterampilan sosial pada anak usia 10-12 tahun. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan rancangan Deskriptif Analitik, dengan desain Penelitian cross sectional. Responden terdiri dari 96 siswa SDK Notoyudan 1 Yogyakarta. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan analisis bivariat mengunakan Spearman Rank dan mencari nilai odd Ratio (OR) dengan tingkat signifikan 0,05. Hasil: Keterampilan sosial anak didominasi oleh Keterampilan sosial katagori Tinggi sebanyak 70 siswa (72,9%). Intensitas penggunaan internet didominasi oleh intensitas penggunaan internet katagori Sedang sebanyak 51 siswa (53.1%). Adanya hubungan signifikan intensitas penggunaan internet dengan keterampilan sosial pada anak usia 10-12 tahun di SDK Notoyudan Yogyakarta yang ditujukan dengan hasil uji Spearman Rank, dan diperoleh p-value sebesar 0,026 (p<0,05). Kesimpulan: Intensitas penggunaan internet memiliki hubungan yang signifikan dengan keterampilan sosial anak pada usia 10-12 tahun.

Item Type: Thesis/Skripsi (Strata 1)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Libbie Annatagia Dosen Pembimbing 2: Retno Sumiyarini
Uncontrolled Keywords: Intensitas penggunaan internet, keterampilan sosial, anak usia 10-12 tahun.
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PA Keperawatan Anak
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 24 Nov 2017 01:34
Last Modified: 24 Nov 2017 01:34
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/842

Actions (login required)

View Item View Item