HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG ASMA DAN PENCEGAHANNYA DENGAN FREKWENSI SERANGAN ASMA ANAK USIA PRA SEKOLAH DI RS DR SOETARTO KOTABARU YOGYAKARTA

Rubiyanti, - (2013) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG ASMA DAN PENCEGAHANNYA DENGAN FREKWENSI SERANGAN ASMA ANAK USIA PRA SEKOLAH DI RS DR SOETARTO KOTABARU YOGYAKARTA. Strata 1 thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text
Rubiyanti_32115009_full (NXPowerLite Copy).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Rubiyanti_32115009_nonfull.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia WHO (2000) jumlah penderita asma di dunia mencapai 300 juta orang dan diperkirakan akan terus meningkat di negara berkembang dari 45% menjadi 59 % atau sekitar 400 juta orang pada tahun 2025. Penyakit asma tergolong penyakit tidak menular, tetapi dapat berpengaruh pada kualitas dan produktivitas hidup terutama anak– anak. Hal ini ditunjukkan dengan angka kekambuhan asma yang tinggi (Depkes RI, 2009). Berdasarkan Depkes (2010) sebesar 80% kejadian asma di negara berkembang akibat kemiskinan, kurangnya tingkat pendidikan, pengetahuan, serta fasilitas yang terbatas. Minimnya edukasi membuat penderita asma seringkali tidak mampu mengendalikan penyakit dengan baik. Tujuan : Untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang asma dan pencegahannya dengan frekwensi serangan asma pada anak usia pra sekolah di RS DR Soetarto Kotabaru Yogyakarta. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimental dan menggunakan metode survai analitik. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling, dengan jumlah sampel dalam penelitian ini 37 responden. Hasil. Pengetahuan ibu tentang asma dan pencegahannya d RS DR Soetarto Kotabaru Yogyakarta masuk dalam kategori baik yaitu sebesar 86,5%. Frekwensi serangan asma anak usia pra sekolah di RS DR Soetarto Kotabaru Yogyakarta masuk dalam kategori ringan sebesar 73% dan sedang sebesar 21,6%. Berdasarkan hasil analisis Rank Spearman diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,486 dan p value 0,002 < 0,05, dengan demikian dapat Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti bahwa terdapat hubungan yang bermakna dengan tingkat keeratan sedang antara tingkat pengetahuan ibu tentang asma dan pencegahannya dengan frekwensi serangan asma anak usia pra sekolah di RS DR. Soetarto Yogyakarta. Kesimpulan : Terdapat hubungan yang bermakan dengan tingkat keeratan sedang antara tingkat pengetahuan ibu tentang asma dan pencegahannya dengan frekwensi serangan asma anak usia pra sekolah di DR Soetarto Kotabaru. Yogyakarta.

Item Type: Thesis/Skripsi (Strata 1)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Atik Badi’ah Dosen Pembimbing 2: Retno Sumiyar Rini
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pengetahuan, Frekwensi Serangan Asma.
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PA Keperawatan Anak
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 24 Nov 2017 02:32
Last Modified: 24 Nov 2017 02:32
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/849

Actions (login required)

View Item View Item