HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS SEWON II BANTUL YOGYAKARTA

Puji Astuti Ariningsih, - (2013) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS SEWON II BANTUL YOGYAKARTA. Strata 1 thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Puji Astuti Ariningsih_3209120_nonfull-ilovepdf-compressed.pdf

Download (532kB) | Preview
[img] Text
Puji Astuti Ariningsih_3209120_full (NXPowerLite Copy)-ilovepdf-compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Pembangunan kesehatan bertujuan meningkatkan kemampuan hidup sehat bagi setiap masyarakat agar dapat mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal sebagai salah satu unsur kesejahteraan umum dari tujuan nasional. Pelayanan kesehatan di puskesmas masih belum mampu menunjukkan mutu pelayanan yang baik secara optimal dalam meningkatkan kepuasan pasien. Apabila mutu pelayanan keperawatan tidak secara optimal dalam memberikan pelayanan kesehatan, maka pasien akan merasakan tidak puas terhadap pelayanan tersebut. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Sewon II Bantul. Metode: Jenis penelitian menggunakan deskriptik analitik, dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dengan quota sampling. Populasi adalah pasien Puskesmas Sewon II Bantul dengan sampel pengunjung sejumlah 97 orang. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji statistik Chi – Square dengan kemaknaan α = 0,05. Hasil: Sebagian besar (45,4%) responden menyatakan bahwa mutu pelayanan keperawatan di Puskesmas Sewon II Bantul cukup baik, dari segi tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty, dan sebagian besar (63,9%) responden menyatakan bahwa puas. Secara statistik bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Sewon II Bantul. Nilai signifikansi α hitung dimana 0,000 < α = 0,05. Nilai koefisinesi kontingansi sebesar 0,539 menunjukkan bahwa tingkat hubungan yang terjadi antara mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien adalah sedang. Kesimpulan: Ada hubungan antara mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien di Puskesmas sewon II Bantul. Tingkat keeratan hubungan antara mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien termasuk dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis/Skripsi (Strata 1)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Sri Arini Winarti Dosen Pembimbing 2: Sulistyaningsih
Uncontrolled Keywords: Mutu Pelayanan Keperawatan, Kepuasan Pasien
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 24 Nov 2017 02:47
Last Modified: 24 Nov 2017 02:47
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/851

Actions (login required)

View Item View Item