HUBUNGAN PENERAPAN TUGAS PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT JALAN RSUD WATES KULON PROGO

Jepry Handoko, - and Endang Purwanti, - and Sulistyaningsih, - (2014) HUBUNGAN PENERAPAN TUGAS PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT JALAN RSUD WATES KULON PROGO. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text
Jepry Handoko_3209031_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Jepry Handoko_3209031_nonfull.pdf

Download (562kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Keberhasilan pelayanan pada instalasi rawat jalan salah satunya ditentukan oleh pelaksanaan tugas perawat pelaksana. Perawat pelaksana di unit rawat jalan adalah seorang tenaga keperawatan yang diberi tanggung jawab dan wewenang untuk melaksanakan pelayanan/asuhan keperawatan di unit rawat jalan. Pelayanan keperawatan dan perilaku perawat merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Studi pendahuluan dengan wawancara yang dilakukan oleh peneliti kepada 10 orang pasien Rawat Jalan di RSUD Wates Kulon Progo menunjukkan sebanyak 5 responden menyatakan tidak puas terhadap pelayanan rawat jalan dan berdasarkan pengamatan peneliti terhadap pelaksanaan tugas perawat didapatkan hasil beberapa tugas perawat yang banyak tidak di lakukan adalah memberikan penjelasan kepada pasien tentang tindakan pemeriksaan yang akan dilakukan dan pemberian penyuluhan kesehatan pada pengunjung secara kelompok pada saat menunggu untuk memperoleh pelayanan kesehatan. Tujuan : Mengetahui hubungan penerapan tugas perawat dengan kepuasan pasien di Instalasi Rawat Jalan RSUD Wates Kulon Progo. Metode : Metode penelitian ini adalah penelitian non eksperimental dan jenis penelitian adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan waktu yang digunakan adalah cross sectional. Sampel penelitian ini adalah pasien rawat jalan sebanyak 76 orang dan aktivitas/kegiatan perawat pelaksana pada poliklinik yang dipilih yang diambil melalui teknik purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi penerapan tugas perawat dan kuesioner kepuasan. Uji statistik menggunakan chi-square. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepatuhan perawat terhadap tugas perawat di Instalasi Rawat Jalan RSUD Wates kulon Progo sebagian besar adalah baik sebanyak 59 kali observasi (77,6%). Tingkat kepuasan pasien menunjukkan sebagian besar pasien puas dengan pelayanan yang diberikan perawat di Instalasi Rawat Jalan RSUD Wates sebanyak 49 orang (64,5%). Hasil perhitungan statistik menggunakan uji korelasi Chi Square, diperoleh p-value sebesar 0,000 < (0,05). Kesimpulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan tugas perawat dengan kepuasan pasien di Instalasi Rawat Jalan RSUD Wates Kulon Progo, ditunjukkan dengan hasil uji Chi square diperoleh nilai p (0,000) < 0,05.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Tugas Perawat, Kepuasan Pasien.
Subjects: Keperawatan > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 22 Nov 2017 03:32
Last Modified: 13 May 2019 04:10
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/852

Actions (login required)

View Item View Item