HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG PIJAT BAYI DENGAN PERILAKU IBU MENCARI PELAYANAN PIJAT BAYI DI KELURAHAN TAMANTIRTA KECAMATAN KASIHAN KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA

Dian Ferry Pribadi, - (2013) HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG PIJAT BAYI DENGAN PERILAKU IBU MENCARI PELAYANAN PIJAT BAYI DI KELURAHAN TAMANTIRTA KECAMATAN KASIHAN KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA. Strata 1 thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dian Ferry Pribadi_3208110_nonfull.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Dian Ferry Pribadi_3208110_full (NXPowerLite Copy)-ilovepdf-compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang : Pijat bayi adalah pemijatan yang dilakukan dengan usapanusapan halus pada permukaan kulit bayi, dilakukan dengan menggunakan tangan yang bertujuan untuk menghasilkan efek terhadap syaraf, otot, system pernafasan serta sirkulasi darah dan limpha. Pelaksanaan pijat bayi di masyarakat desa di Indonesia masih dipegang peranannya oleh dukun bayi. Hasil wawancara langsung di Dusun Ngebel, Kelurahan Tamantirta, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, 5 ibu belum mengetahui dengan jelas seberapa penting pijat bayi jika dilakukan oleh ibu terhadap bayi. Hal ini karena perilaku masyarakat yang telah menjadi budaya dan kepercayaan dalam kelompok masyarakat. Perilaku masyarakat dipengaruhi oleh 3 faktor yaitu faktor predisposisi, faktor pemungkin, serta faktor penguat, ketiga faktor tersebut merupakan faktor utama yang dapat mempengaruhi perilaku. Tujuan : Diketahui hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang pijat bayi dengan perilaku ibu mencari tempat pelayanan pijat bayi di Kelurahan Tamantirta. Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional serta menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel acak sederhana yang berjumlah 42 bayi. Hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis univariant dengan rumus prosentase serta analisis bivariant dengan Chi square. Hasil Penelitian : Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji chisquare hubungan tingkat pengetahuan baik kurang dengan perilaku ibu mencari pelayanan pijat bayi diperoleh nilai p sebesar 0,000 < 0,05 dan pengujian hubungan tingkat pengetahuan cukup kurang dengan perilaku ibu mencari pelayanan pijat bayi diperoleh nilai p sebesar 0,017 < 0,05 Kesimpulan : Ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan tentang pijat bayi dengan perilaku ibu mencari pelayanan pijat bayi di Kelurahan Tamantirto.

Item Type: Thesis/Skripsi (Strata 1)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Ida Nursanti Dosen Pembimbing 2: Sulistyaningsih
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Pijat Bayi, Pelayanan Pijat Bayi
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 24 Nov 2017 02:59
Last Modified: 24 Nov 2017 02:59
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/854

Actions (login required)

View Item View Item