Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Penanganan Pertama Pada Anak Diare di RSUD Wates

Aziz Adi Nugroho, - (2014) Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Penanganan Pertama Pada Anak Diare di RSUD Wates. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text
Aziz Adi Nugroho_3208036_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
Aziz Adi Nugroho_3208036_nonfull.pdf

Download (946kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Diare hingga saat ini masih merupakan salah satu penyebab utama kesakitan dan kematian hampir di seluruh daerah geografis di dunia dan menyerang semua kelompok usia, tetapi diare berat dengan kematian yang tinggi terutama terjadi pada bayi dan anak balita. Diare dapat disebabkan oleh berbagai infeksi, selain penyebab lain seperti malabsorbsi. Diare sebenarnya merupakan salah satu gejala pada sistem gastrointestinal atau penyakit lain di luar saluran pencernaan. Penanganan yang benar mengenai diare terdiri dari lima prinsip, yaitu : rehidrasi, suplementasi zinc, dukungan nutrisi, antibiotik selektif, serta edukasi orang tua. Tujuan Penelitian : Mengetahui gambaran tingkat pengetahuan ibu tentang penanganan pertama diare pada anak di rumah pada pasien RSUD Wates Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode Penelitian : Penelitian deskriptif non analitik yaitu suatu penelitian untuk mempelajari gambaran atau deskriptif tentang suatu masalah kesehatan, baik yang berupa faktor resiko maupun faktor efek. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 33 ibu yang memiliki anak diare umur 1-5 tahun. Analisa data yang dilakukan dengan cara analisa univariat dengan menggunakan tabel distribusi yang disusun berdasarkan dari kuesioner. Hasil Penelitian : Gambaran pengetahuan ibu tentang oral rehidrasi pada penanganan pertama pada anak diare di RSUD Wates Kabupaten Kulon Progo dengan kategori cukup sebanyak 16 (48,5%). Gambaran pengetahuan ibu tentang pemberian dukungan nutrisi pada dengan kategori kurang sebanyak 18 (54,5%), dan gambaran pengetahuan ibu tentang kebersihan diri pada anak diare diketahui bahwa sebagian besar dalam kategori kurang sebanyak 20 (60,6%). Kesimpulan : Gambaran tingkat pengetahuan ibu tentang penanganan pertama diare pada anak di rumah pada pasien RSUD Wates Kulon Progo dengan kategori kurang.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1 :Falasifah Ani Yuniarti, S.Kep.,Ns.,MAN Dosen Pembimbing 2 :Retno Sumiyarini,S.Kep.,Ns
Uncontrolled Keywords: Gambaran, Pengetahuan, dan diare
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PA Keperawatan Anak
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 22 Nov 2017 03:37
Last Modified: 22 Nov 2017 03:37
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/855

Actions (login required)

View Item View Item