PERBEDAAN TINGKAT KEMANDIRIAN LANSIA DALAM MELAKUKAN AKTIFITAS DASAR SEHARI-HARI ANTARA LANSIA YANG TINGGAL DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA PROVINSI DIY UNIT ABIYOSO DENGAN LANSIA YANG TINGGAL DI RUMAH

Yosefa, - (2014) PERBEDAAN TINGKAT KEMANDIRIAN LANSIA DALAM MELAKUKAN AKTIFITAS DASAR SEHARI-HARI ANTARA LANSIA YANG TINGGAL DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA PROVINSI DIY UNIT ABIYOSO DENGAN LANSIA YANG TINGGAL DI RUMAH. Strata 1 thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text
Yosefa_3209130_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Yosefa_3209130_nonfull.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Peningkatan harapan hidup yang relatif tinggi berdampak pada peningkatan populasi lansia dengan segala permasalahan terutama masalah kesehatannya yang semakin kompleks. Status fungsional menjadi status yang penting bagi lansia karena dengan bertambahnya usia akan terjadi penurunan fungsi tubuh yang akan berdampak pada kemampuan lansia dalam melakukan aktivitas dasar sehari-hari secara mandiri, baik lansia dipanti dan dirumah mereka memiliki tingkat kemandirian yang berbeda-beda dalam melakukan aktivitas dasar sehari-hari. Kemandirian lansia sangat diperlukan untuk memenuhi aktivitas dasar sehari-sehari dan menjaga agar tetap produktif. Tujuan: Untuk mengetahui perbedaan tingkat kemandirian lanjut usia di Panti Sosial Tresna Werdha Provinsi DIY Unit Abiyoso Yogyakarta dengan lansia yang tinggal dirumah. Metode: Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik, dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 60 lansia, dengan masing-masing 30 lansia dipanti dan 30 lansia di rumah. Tekhik analisis data dalam pengujian hipotesis mengunakan uji statistik Mann Whitney-U. Hasil Penelitian: Hasil penelitian ini diperoleh hasil tingkat kemandirian lansia dalam melakukan aktivitas dasar sehari-hari yang tinggal di Panti Sosial TresnaWerdha Abiyoso 63,3% mandiri, 36,7% dibantu, dan lansia binaan yang tinggal di rumah 83,3% mandiri, 16,7% dibantu. Analisis data dilakukan dengan uji Mann-Whitney-U dan diperoleh nilai p=0,010 (sig<0,05), Kesimpulan: artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kemadirian lansia yang tinggal di Panti Sosial Tresna Werdha Provinsi DIY Unit Abiyoso dengan lansia yang tinggal di rumah.

Item Type: Thesis/Skripsi (Strata 1)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1 :Tri prabowo Dosen Pembimbing 2 :Ratna Lestari
Uncontrolled Keywords: Lanjut usia, tingkat kemandirian
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PG Keperawatan Gerontologi,Gerontik,Lansia
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 22 Nov 2017 03:39
Last Modified: 22 Nov 2017 03:39
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/857

Actions (login required)

View Item View Item