GAMBARAN KEBUTUHAN KELUARGA DALAM MENDAMPINGI ANGGOTA KELUARGA YANG DIRAWAT DI RUANG INTENSIVE CARE UNIT (ICU) RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL

Dwi Suharyanto, - (2014) GAMBARAN KEBUTUHAN KELUARGA DALAM MENDAMPINGI ANGGOTA KELUARGA YANG DIRAWAT DI RUANG INTENSIVE CARE UNIT (ICU) RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL. (Unpublished)

[img] Text
Dwi Suharyanto_3210040_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Dwi Suharyanto_3210040_nonfull.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang: Intensive Care Unit (ICU) merupakan bagian vital yang tidak dapat dipisahkan dari pelayanan rumah sakit. Penerimaan pasien yang dirawat di unit perawatan kritis menandakan suatu ancaman terhadap kehidupan dan kesejahteraan. Pada kondisi ini diperlukan dukungan keluarga. Keluarga berperan dalam mendukung penyembuhan dan pemulihan pasien. Petugas medis harus memperhatikan kebutuhan-kebutuhan keluarga yang mendampingi anggota keluarga meraka yang dirawat di ICU. Tujuan: Mengetahui kebutuhan keluarga dalam mendampingi anggota keluarga yang dirawat diruang Intensive Care Unit (ICU). Rancangan penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif frekuentif dengan pendekatan cross sectional yang menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan data menggunakan accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 28 responden. Hasil: Semua item kebutuhan keluarga yang meliputi kebutuhan informasi, kebutuhan dukungan mental, kebutuhan rasa nyaman, kebutuhan kedekatan dengan pasien dan kebutuhan jaminan pelayanan termasuk dalam kategori kebutuhan sangat butuh. Kesimpulan: Semua item kebutuhan keluarga dalam mendampingi anggota keluarga yang dirawat di ruang Intensive Care Unit (ICU) RSUD Panembahan Senopati Bantul sangat dibutuhkan keluarga.

Item Type: Article
Additional Information: Dosen Pembimbing 1 :Maryana Dosen Pembimbing 2 :Erwanto
Uncontrolled Keywords: Kebutuhan keluarga, ICU.
Subjects: Keperawatan > PR Keperawatan Gawat Darurat dan Kritis
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 22 Nov 2017 04:13
Last Modified: 22 Nov 2017 04:13
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/858

Actions (login required)

View Item View Item