HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN WANITA PEKERJA SEKS TENTANG PENYAKIT HIV-AIDS DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN PENULARAN PENYAKIT HIV DI PAGUYUBAN BUNGA SEROJA YOGYAKARTA

Dikki Setiyawan, - and Wenny Savitri, - and Sri Purwaningsih, - (2013) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN WANITA PEKERJA SEKS TENTANG PENYAKIT HIV-AIDS DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN PENULARAN PENYAKIT HIV DI PAGUYUBAN BUNGA SEROJA YOGYAKARTA. Strata 1 thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text
Dikki Setiyawan_3209029_full (NXPowerLite Copy).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Dikki Setiyawan_3209029_nonfull (NXPowerLite Copy)-ilovepdf-compressed.pdf

Download (472kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: HIV adalah penyakit yang merusak sistem kekebalan tubuh manusia yang berakibat kehilangan daya tahan tubuh sehingga akan mudah terinfeksi berbagai penyakit. Sampai saat ini penyakit HIV-AIDS belum ditemukan obat yang dapat meyembuhkannya, maka penderita HIV-AIDS akan berujung pada kematian. Salah satu kelompok yang beresiko tinggi tertular HIV-AIDS adalah wanita pekerja seks. Untuk itu wanita pekerja seks perlu memiliki pengetahuan dan perilaku pencegahan yang baik tentang HIV-AIDS dengan memiliki pengetahuan dan perilaku pencegahan yang baik diharapkan prevelensi kejadian HIV-AIDS pada wanita pekerja seks berkurang. Tujuan: Diketahui hubungan tingkat pengetahuan wanita pekerja seks tentang penyakit HIV-AIDS dengan perilaku pencegahan penularan penyakit HIV di paguyuban Bunga Seroja Yogyakarta. Metode: Jenis penelitian deskriptif korelasi dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah wanita pekerja seks yang termasuk dalam anggota paguyuban Bunga Seroja. Pengambilan sampel pada bulan juli diambil dengan tehnik simple random sampling dengan jumlah 36 responden. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan menggunakan uji analisis Kendall Tau. Hasil: Dari 36 responden didapatkan data sebagian besar responden penelitian mempunyai pengetahuan tentang penyakit HIV-AIDS dalam katagori baik, yaitu sebanyak 28 responden (77,8%) dan seluruhnya 28 responden (100%) menunjukan perilaku pencegahan penularan penyakit HIV dalam katagori positif. Hasil perhitungan statistik menggunakan uji Kendall Tau diperoleh p value sebesar 0,017<0,05. Nilai koefisien korelasi 0,663 menunjukan kekuatan hubungan yang kuat. Kesimpulan: Ada hubungan signifikan antara tingkat pengetahuan wanita pekerja seks tentang penyakit HIV-AIDS dengan perilaku pencegahan penularan penyakit HIV di paguyuban Bunga Seroja Yogyakarta.

Item Type: Thesis/Skripsi (Strata 1)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Wenny Savitri Dosen Pembimbing 2: Sri Purwaningsih
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pengetahuan, Perilaku Pencegahan Penularan, HIV-AIDS.
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PJ Keperawatan Jiwa
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 24 Nov 2017 03:23
Last Modified: 14 Feb 2019 08:48
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/860

Actions (login required)

View Item View Item