HUBUNGAN DUKUNGAN SPIRITUAL PERAWAT DENGAN PEMENUHAN KEBUTUHAN SPIRITUAL PASIEN DI RSU PKU MUHAMMADIYAH BANTUL

Fetriana Widiyastuti, - (2013) HUBUNGAN DUKUNGAN SPIRITUAL PERAWAT DENGAN PEMENUHAN KEBUTUHAN SPIRITUAL PASIEN DI RSU PKU MUHAMMADIYAH BANTUL. Strata 1 thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text
Fetriana Widiyastuti_3209022_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Fetriana Widiyastuti_3209022_nonfull.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Kebutuhan spiritual merupakan kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi dalam keadaan sehat maupun dalam keadaan sakit. Dalam keadaan sakit, seseorang membutuhkan bantuan orang lain untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Pemenuhan kebutuhan spiritual salah satunya yaitu dengan dukungan spiritual dari perawat, dukungan spiritual perawat merupakan suatu dorongan spiritual yang diberikan oleh perawat kepada pasien. Dukungan spiritual meliputi beberapa aspek yaitu dukungan agama, dukungan spiritual meliputi beberapa aspek, yaitu dukungan agama, sosial, pelayanan, dan penerimaan kematian. Tujuan Penelitian: Untuk mengidentifikasi dukungan spiritual perawat, untuk mengidentifikasi pemenuhan kebutuhan spiritual pasien, dan untuk mengetahui hubungan antara dukungan spiritual perawat dengan pemenuhan kebutuhan spiritual pasien di RSU PKU Muhammadiyah Bantul. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimental dengan rancangan cross sectional, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2013. Subyek penelitian ini adalah pasien yang menjalani rawat inap di ruang Al-Kahfi dan Al-Araaf RSU PKU Muhammadiyah Bantul. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebesar 45 orang yang diambil dengan metode purposive sampling. Analisis bivariat menggunakan uji Kendall Tau. Hasil: Tingkat dukungan spiritual perawat kepada pasien di RSU PKU Muhammadiyah Bantul dari 45 responden didapatkan dengan kategori rendah sebanyak 4 orang (8,9%), sedang sebanyak 33 orang (73,3%), dan tinggi sebanyak 8 orang (17,8%). Tingkat pemenuhan kebutuhan spiritual pasien dalam kategori terpenuhi sebanyak 41 orang (91,1%) dan tidak terpenuhi sebanyak 4 orang (8,9%). Hasil uji Kendall Tau antara dukungan spiritual perawat dengan pemenuhan kebutuhan spiritual pasien diperoleh nilai p = 0,000 (p<0,05) dan koefisien korelasi [R]=0,619. Peran perawat salah satunya adalah sebagai kolaborator, sehingga yang paling sering memberikan dukungan spiritual adalah petugas rohaniawan (bina rohani). Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara dukungan spiritual perawat dengan pemenuhan kebutuhan spiritual pasien di RSU PKU Muhammadiyah Bantul.

Item Type: Thesis/Skripsi (Strata 1)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Sarka Ade Susana Dosen Pembimbing 2: Fajriyati Nur Azizah
Uncontrolled Keywords: Dukungan spiritual perawat, pemenuhan kebutuhan spiritual pasien.
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 24 Nov 2017 04:00
Last Modified: 24 Nov 2017 04:00
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/867

Actions (login required)

View Item View Item