PERBEDAAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 3-5 TAHUN YANG IBUNYA BEKERJA DAN TIDAK BEKERJA DI DUSUN PURWOMARTANI KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA

Denita Maharani Aji Putri, - (2014) PERBEDAAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 3-5 TAHUN YANG IBUNYA BEKERJA DAN TIDAK BEKERJA DI DUSUN PURWOMARTANI KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text
Denita Maharani Aji Putri_3209060_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Denita Maharani Aji Putri_3209060_nonfull.pdf

Download (904kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Pertumbuhan dan perkembangan merupakan proses alami yang terjadi dalam kehidupan manusia. Perkembangan motorik halus merupakan salah satu aspek penting yang dilalui anak pada masa tumbuh kembangnya. Pemberian stimulus dalam perkembangan motorik halus sangatlah penting karena anak yang mendapatkan stimulus teratur dan terarah akan lebih cepat berkembang dibandingkan anak yang kurang mendapatkan stimulus. Tujuan: Untuk mengetahui apakah ada perbedaan perkembangan motorik halus pada anak usia 3-5 tahun yang ibunya bekerja dan tidak bekerja. Metode: Penelitian ini merupakanm jenis penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan yang digunakan cross sectional. Pengambilan sampel dengan total sampling dengan jumlah sampel sebesar 48 anak yang ibunya bekerja dan tidak bekerja. Instrumen penelitian menggunakan Denver Development Screening Test (DDST) II. Analisis data menggunakan Chi-Square. Hasil: Perkembangan motorik halus pada anak usia 3-5 tahun yang ibunya bekerja, didapatkan hasil normal sebanyak 24 anak (92,3%), suspect satu anak (3,8%), dan untestable sebanyak satu anak (3,8%). Sedangkan perkembangan motorik halus pada anak usia 3-5 tahun yang ibunya tidak bekerja, didapatkan hasil normal sebanyak 14 anak (63,6%), suspect sebanyak tujuh anak (31,8%), dan untestable sebanyak satu anak (4,5%). Ada perbedaan motorik halus anak yang ibunya bekerja dan tidak bekerja (p=0,033(α<0,05)). Kesimpulan: Ada perbedaan perkembangan motorik halus pada anak usia 3-5 tahun yang ibunya bekerja dengan ibunya yang tidak bekerja. Kelompok anak usia 3-5 tahun yang ibunya bekerja memiliki perkembangan motorik halus lebih baik dibandingkan dengan kelompok anak usia 3-5 tahun yang ibunya tidak bekerja.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1 :Dewi R.Pamungkas Dosen Pembimbing 2 :Retno Sumiyarini
Uncontrolled Keywords: Perkembangan motorik halus, Anak usia 3-5 tahun, Status bekerja
Subjects: Keperawatan > PA Keperawatan Anak
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 22 Nov 2017 06:05
Last Modified: 22 Nov 2017 06:05
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/868

Actions (login required)

View Item View Item