PERAN KELUARGA DALAM PERAWATAN KAKI PADA PASIEN DIABETES MELLITUS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KARANGNONGKO KLATEN JAWA TENGAH

Mei Elisa Ambarwati, - (2014) PERAN KELUARGA DALAM PERAWATAN KAKI PADA PASIEN DIABETES MELLITUS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KARANGNONGKO KLATEN JAWA TENGAH. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text
Mei Elisa Ambarwati_3210064_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Meli Amelia_3210050_nonfull.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Luka diabetik merupakan salah satu komplikasi kronis DM yang sering dijumpai dan menimbulkan dampak permasalahan keluarga dengan pasien DM. Upaya pencegahan terjadinya luka diabetik dapat dimulai dari keluarga. Peran keluarga sangat penting dalam melaksanakan tugas kesehatan keluarga khususnya perawatan kaki pada anggota keluarga yang menderita DM. Tujuan Penelitian : Diketahuinya peran keluarga dalam perawatan kaki pada pasien diabetes mellitus di wilayah kerja Puskesmas Karangnongko Klaten Jawa Tengah. Metode Penelitian : Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan rancangan fenomenologi dengan metode wawancara mendalam. Pengambilan partisipan menggunakan purposive sampling. Jumlah partisipan 5 orang yaitu keluarga dari pasien yang menderita DM minimal 1 tahun, tinggal satu rumah, dan merawat langsung penderita DM. Hasil Penelitian : 1) Keluarga masih banyak yang belum mengerti tentang perannya dalam mengenal masalah kesehatan tentang pengertian perawatan kaki pada pasien diabetes mellitus secara benar dalam arti kesehatan. 2) Keluarga masih kurang mengerti tentang perannya dalam pengambilan keputusan tindakan kesehatan mengenai perawatan kaki dan perannya dalam memodifikasi lingkungan untuk menjamin kesehatan penderita. 3) Keluarga sudah banyak yang mengerti tentang perannya dalam merawat anggota keluarga yang menderita diabetes serta perannya dalam memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan yang ada disekitar tempat tinggal mereka. Kesimpulan : Peran keluarga dalam perawatan kaki pada pasien diabetes mellitus di wilayah kerja Puskesmas Karangnongko Klaten Jawa Tengah perlu ditingkatkan, karena masih belum banyak keluarga yang memahami tentang perawatan kaki pada pasien DM secara baik dan benar.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen pembimbing 1 :Tri Prabowo Dosen Pembimbing 2 :Suwarno
Uncontrolled Keywords: Peran keluarga, Perawatan kaki, Diabetes mellitus
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PK Keperawatan Komunitas dan Keluarga
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 22 Nov 2017 06:22
Last Modified: 22 Nov 2017 06:22
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/871

Actions (login required)

View Item View Item