HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG MENSTRUASI DENGAN SIKAP MENGHADAPI PREMENSTRUAL SYNDROME PADA REMAJA PUTRI DI SMP NEGERI 1 SEDAYU BANTUL

Amar Romadhan, - (2013) HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG MENSTRUASI DENGAN SIKAP MENGHADAPI PREMENSTRUAL SYNDROME PADA REMAJA PUTRI DI SMP NEGERI 1 SEDAYU BANTUL. Strata 1 thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Amar Romadhan_3209105_nonfull.pdf

Download (979kB) | Preview
[img] Text
Amar Romadhan_3209105_full (NXPowerLite Copy).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang : Jumlah penduduk Indonesia 26,57 persen adalah remaja. Pengetahuan dan sikap kesehatan reproduksi remaja saat ini sangat kompleks dan mengkhawatirkan terutama pada pengetahuan mengenai pengenalan organ reproduksi menyangkut bentuk dan fungsinya serta cara perawatannya. Sekitar 80%-95% perempuan pada usia reproduksi mengalami gejala-gejala premenstrual syndrome yang dapat mengganggu beberapa aspek dalam kehidupannya. Tujuan: mengetahui hubungan pengetahuan tentang menstruasi dengan sikap menghadapi premenstrual syndrome pada remaja putri di SMPN I Sedayu Bantul Yogyakarta. Metode : Jenis penelitian ini adalah survei analitik korelasi dengan pendekatan crosssectional, Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan teknik purposif sampling sehingga didapat sampel 74 responden. Alat pengumpulan data adalah kuesioner. Teknik analisis yang digunakan rumus korelasi Kendal Tau dengan tingkat kemaknaan 5%. Hasil : Pengetahuan tentang menstruasi 63,5% kategori cukup dan sikap menghadapi premenstrual syndrome 81,1% kategori positif. Nilai koefisien korelasi kendal tau 0,352 dengan nilai sig. 0,000. Kesimpulan: Ada hubungan signifikan antara tingkat pengetahuan tentang menstruasi dengan sikap dalam menghadapi premenstrual syndrome pada remaja putri di SMP N 1 Sedayu tahun 2013 , dengan p value < 0,05 (0,000 < 0,05) dan nilai koefisien korelasi adalah 0,352 berarti tingkat keeratan hubungan rendah. Saran: Bagi siswi SMP sebaiknya siswa lebih aktif mencari informasi tentang menstruasi kepada saudara perempuan, orang tua dan guru. Sehingga mereka tidak merasa cemas dan takut bila sedang mengalami premenstrual syndrome.

Item Type: Thesis/Skripsi (Strata 1)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Retno Mawarti Dosen Pembimbing 2: Dwi Susanti
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, menstruasi, sikap, premenstrual syndrome
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PJ Keperawatan Jiwa
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 24 Nov 2017 06:25
Last Modified: 24 Nov 2017 06:25
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/880

Actions (login required)

View Item View Item