HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU KEWASPADAAN UNIVERSAL (UNIVERSAL PRECAUTION) PERAWAT UNTUK MENCEGAH TERJADINYA INFEKSI NOSOKOMIAL DI RUANG RAWAT INAP DEWASA RSUD WATES KULON PROGO

Ruli Irawan Kurdiono, - (2014) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU KEWASPADAAN UNIVERSAL (UNIVERSAL PRECAUTION) PERAWAT UNTUK MENCEGAH TERJADINYA INFEKSI NOSOKOMIAL DI RUANG RAWAT INAP DEWASA RSUD WATES KULON PROGO. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text
Ruli Irawan Kurdiono_3209086_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Ruli Irawan Kurdiono_3209086_nonfull.pdf

Download (335kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Rumah sakit merupakan salah satu tempat pemberian pelayanan kesehatan kepada masyarakat terutama untuk masyarakat yang sedang sakit dan memiliki peluang yang besar terpapar dan mengalami infeksi. Infeksi merupakan interaksi antara mikroorganisme dengan pejamu rentan yang terjadi melalui kode transmisi kuman yang tertentu. Salah satu strategi dalam pengendalian infeksi nosokomial adalah peningkatan kemampuan petugas kesehatan dalam metode kewaspadaan universal (universal precaution). Tujuan Penelitian : Mengetahui adanya hubugan tingkat pengetahuan dengan perilaku kewaspadaan universal (universal precaution) perawat untuk mencegah terjadinya infeksi nosokomial di ruang rawat inap dewasa RSUD Wates Kulon Progo. Metode Penelitian : Metode penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional yang pengukuran dan pengamatannya dilakukan pada satu waktu. Penelitian ini dilaksanakan di RSUD Wates Kulon Progo dengan sampel sebanyak 37 responden. Teknik pengembilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan pendekatan proportionate stratified random sampling. Subyek penelitian adalah perawat. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuisioner terdiri dari 18 item dan lembar observasi terdiri dari 22 item. Uji statistik menggunakan Kendal Tau dan SPSS. Hasil Penelitian : Hasil tingkat pengetahuan perawat menunjukkan baik (64,9%), cukup (21,6%), kurang (13,5%). Hasil perilaku perawat menunjukkan baik (83,8%) dan tidak baik (16,2%). Hasil uji diperoleh p-value sebesar 0,012 < a (0,05) dengan keeratan ubungan sedang dengan koefisien korelasi sebesar 0,524. Kesimpulan : Ada hubungan tingkat pengetahuan dengan perilaku kewaspadaan universal (universal precaution) perawat untuk mencegah terjadinya infeksi nosokomial di ruang rawat inap dewasa RSUD Wates Kulon Progo. Saran : Perawat lebih memotivasi diri untuk mengembangkan diri melalui pendidikan dan pelatihan khususnya tentang kewaspadaan universal (universal precaution) untuk mencegah terjadinya infeksi nosokomial.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1 :Umi Istianah Dosen Pembimbing 2 :Masta Hutasoit
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, perilaku, Kewaspadaan Universal
Subjects: Keperawatan > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2017 02:12
Last Modified: 23 Nov 2017 02:12
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/883

Actions (login required)

View Item View Item