HUBUNGAN STIMULASI PSIKOSOSIAL DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA PRASEKOLAH DI TAMAN KANAK-KANAK KELURAHAN SIDOMULYO KECAMATAN GODEAN KABUPATEN SLEMAN

Santi Hanggraini, - (2013) HUBUNGAN STIMULASI PSIKOSOSIAL DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA PRASEKOLAH DI TAMAN KANAK-KANAK KELURAHAN SIDOMULYO KECAMATAN GODEAN KABUPATEN SLEMAN. Strata 1 thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Santi Hanggraini_3209078_nonfull.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Santi Hanggraini_3209078_full (NXPowerLite Copy)-ilovepdf-compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Pertumbuhan dan perkembangan merupakan proses alami dimulai sejak dari kandungan hingga akhir hayat. Di tahun 2010 diperkirakan 171 juta anak yang mengalami keterlambatan tumbuh kembang, diantaranya anak tidak selalu mudah untuk bersosialisasi sehingga menimbulkan masalah sosial yang mempengaruhi perkembangan sosial anak. Agar dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak perlu dilakukan stimulasi sedini mungkin oleh orang tua. Tujuan : Mengetahui hubungan stimulasi psikososial dengan perkembangan sosial anak usia prasekolah di Taman Kanak-Kanak Kelurahan Sidomulyo Kecamatan Godean Kabupaten Sleman. Metode : Desain penelitian adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan DDST II. Uji statistik menggunakan kendall tau dengan tingkat kemaknaan α<0,05. Hasil : Sebagian besar responden memberikan stimulasi psikososial yang baik sebanyak 27 orang (60,0%). Sedangkan perkembangan sosial anak usia prasekolah sebagian besar adalah normal yaitu sebanyak 32 orang (71,1%). Hasil nilai p=0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05) dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,535 yang berarti memiliki keeratan yang sedang. Kesimpulan : Ada hubungan antara stimulasi psikososial dengan perkembangan sosial anak usia prasekolah di Taman Kanak-Kanak Kelurahan Sidomulyo Kecamatan Godean Kabupaten Sleman. Hal ini ditunjukkan dengan signifikansi 0,000<0,05.

Item Type: Thesis/Skripsi (Strata 1)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Ida Nursanti Dosen Pembimbing 2: Yuni Very Anto
Uncontrolled Keywords: Stimulasi Psikososial, Perkembangan Sosial, Anak Usia Prasekolah
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PA Keperawatan Anak
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 24 Nov 2017 06:48
Last Modified: 24 Nov 2017 06:48
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/884

Actions (login required)

View Item View Item