HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG TANDA DAN GEJALA MENOPAUSE DENGAN KECEMASAN PADA WANITA PREMENOPAUSE DI DUSUN MADUGONDO SITIMULYO PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA

Salasah Hernindhita Mahatsiwi, - (2013) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG TANDA DAN GEJALA MENOPAUSE DENGAN KECEMASAN PADA WANITA PREMENOPAUSE DI DUSUN MADUGONDO SITIMULYO PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA. Strata 1 thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Salasah Hernindhita Mahatsiwi_3209072_nonfull.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Salasah Hernindhita Mahatsiwi_3209072_full (NXPowerLite Copy).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Menopause merupakan masa berakhirnya siklus menstruasi yang terdiagnosis setelah 12 bulan tanpa periode menstruasi. Usia menopause secara umum terjadi pada usia 40-58 tahun. Pengetahuan menopause sangat bermanfaat, dengan mempelajari masalah menopause, wanita akan mengetahui bahwa gejala kesehatan tersebut sebagai akibat dari perubahan hormon kewanitaan yang kadarnya mulai menurun seiring dengan bertambahnya usia. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan tentang tanda dan gejala menopause dengan kecemasan pada wanita premenopause di Dusun Madugondo Sitimulyo Piyungan Bantul Yogyakarta. Metode Penelitian: Metode penelitian ini deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Populasinya wanita premenopause yang berusia 40-52 tahun di Dusun Madugondo Sitimulyo Piyungan Bantul, teknik sampling purposive sampling, sampel sebanyak 40 orang. Teknik analisis korelasi Kendall Tau. Hasil: Frekuensi deskriptif tingkat pengetahuan tentang tanda dan gejala menopause pada wanita premenopause mayoritas kategori cukup yaitu 18 orang (45,0%), dan kecemasan dalam kategori sedang sebanyak 27 orang (67,5%). Hasil nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05 korelasi Kendall Tau sebesar -0,434. Kesimpulan : Ada hubungan antara tingkat pengetahuan tentang tanda dan gejala menopause dengan kecemasan pada wanita premenopause di Dusun Madugondo Sitimulyo Piyungan Bantul Yogyakarta.

Item Type: Thesis/Skripsi (Strata 1)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Ida Nursanti Dosen Pembimbing 2: Dwi Susanti
Uncontrolled Keywords: Menopause, Premenopause, Kecemasan
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PM Keperawatan Maternitas
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 24 Nov 2017 06:54
Last Modified: 24 Nov 2017 06:54
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/886

Actions (login required)

View Item View Item