GAMBARAN PENGETAHUAN TENTANG OSTEOPOROSIS PADA WANITA PRE MENOPAUSE DI DUSUN PRENGGAN KECAMATAN BAMBANGLIPURO BANTUL YOGYAKARTA

Mayang Bhaktiawati Husag, - and Wenny Savitri, - and Ratna Lestari, - (2013) GAMBARAN PENGETAHUAN TENTANG OSTEOPOROSIS PADA WANITA PRE MENOPAUSE DI DUSUN PRENGGAN KECAMATAN BAMBANGLIPURO BANTUL YOGYAKARTA. Strata 1 thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Mayang Bhaktiawati Husag_32115014_nonfull (NXPowerLite Copy)-ilovepdf-compressed.pdf

Download (499kB) | Preview
[img] Text
Mayang Bhaktiawati Husag_32115014_full (NXPowerLite Copy).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Pre menopause adalah kondisi fisiologis wanita yang telah memasuki proses penuaan yang ditandai dengan menurunnya hormon estrogen Kadar estrogen yang menurun dalam jangka panjang akan mengakibatkan berkurangnya masa tulang. WHO (2003) menyatakan bahwa sekitar 32,2% wanita mengalami osteoporosis. Upaya pencegahan dapat dilakukan dengan sikap, perilaku, peran aktif memelihara kesehatan, dan peningkatan pengetahuan wanita pre menopause. Pengalaman dan penelitian yang didasari oleh pengetahuan akan lebih langgeng daripada perilaku yang tidak didasari pengetahuan. Faktor yang mempengaruhi pengetahuan adalah pendidikan, pekerjaan, usia, dan sosial ekonomi. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan tentang osteoporosis pada wanita pre menopause di Dusun Prenggan Kecamatan Bambanglipuro Kabupaten Bantul D.I.Yogyakarta. Metode Penelitian: Penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan pendekatan survey. Teknik pengumpulan sampel dalam penelitian ini adalah total populasi, sehingga sampel yang didapatkan sebanyak 38 wanita pre menopause. Hasil Penelitian: Hasil penelitian berdasarkan gambaran pengetahuan tentang osteoporosis pada wanita pre menopause adalah baik (5.3%), cukup (44.7%), kurang (50%). Hasil distribusi frekuensi diperoleh pengetahuan tentang osteoporosis kurang karena 19 responden kurang mendapatkan informasi tentang osteoporosis. Kesimpulan: Gambaran pengetahuan tentang osteoporosis pada wanita pre menopause di Dusun Prenggan Kecamatan Bambanglipuro adalah kurang dan diharapkan agar lebih meningkatkan pengetahuan yang bisa didapatkan dari media elektronik maupun bahan bacaan serta tenaga kesehatan khususnya pada bagian reproduksi dapat meningkatkan frekuensi penyuluhan kesehatan tentang osteoporosis pada wanita usia subur, pre menopause, dan menopause.

Item Type: Thesis/Skripsi (Strata 1)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Wenny Savitri Dosen Pembimbing 2: Ratna Lestari
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, osteoporosis, pre menopause
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PG Keperawatan Gerontologi,Gerontik,Lansia
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 24 Nov 2017 07:13
Last Modified: 14 Feb 2019 08:50
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/890

Actions (login required)

View Item View Item