HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU PETUGAS KESEHATAN DALAM UPAYA PENCEGAHAN INFEKSI NOSOKOMIAL DI ICU DAN IGD RUMAH SAKIT UMUM DAERAH WATES

Devriani Yuliartha, - (2014) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU PETUGAS KESEHATAN DALAM UPAYA PENCEGAHAN INFEKSI NOSOKOMIAL DI ICU DAN IGD RUMAH SAKIT UMUM DAERAH WATES. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text
Devriani Yuliartha_3210072_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (962kB)
[img]
Preview
Text
Devriani Yuliartha_3210072_nonfull.pdf

Download (789kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Infeksi nosokomial adalah infeksi yang didapat pasien dari rumah sakit saat menjalani proses asuhan keperawatan. Menurut WHO infeksi nosokomial memiliki prevalensi yang tinggi. Tingginya angka tersebut karena perilaku petugas kesehatan yang buruk terkait dengan pengendalian infeksi nosokomial, misalnya tidak mencuci tangan pada saat sebelum dan setelah bersentuhan dengan pasien. Salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku adalah tingkat pengetahuan petugas kesehatan terkait dengan cara penanganan infeksi nosokomial. Tujuan Penelitian: Mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dengan perilaku petugas kesehatan dalam upaya pencegahan infeksi nosokomial di ICU dan IGD Rumah Sakit Umum Daerah Wates. Metode Penelitian: Penelitian ini adalah penelitian analitik observasional dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini bidan dan perawat di ruang ICU dan IGD RSUD Wates sebanyak 35 orang. Jumlah sampel 30 petugas kesehatan, teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Analisa data menggunakan uji Kendall tau. Hasil: Tingkat pengetahuan petugas kesehatan dalam upaya pencegahan infeksi nosokomial kategori tinggi, yaitu 50,5%. Perilaku petugas kesehatan dalam upaya pencegahan infeksi nosokomial berperilaku baik, yaitu sebanyak 56,7%. Analisis statistik menggunakan kendall Tau menunjukkan hasil yang signifikan dengan nilai p yakni 0,001(p<0,05), dan nilai r 0,872, artinya ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dan perilaku serta hubungannya sangat erat. Kesimpulan: Ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dengan perilaku petugas kesehatan dalam upaya pencegahan infeksi nosokomial di ICU dan IGD Rumah Sakit Umum Daerah Wates dengan keeratan hubungan sangat erat.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1 :Muhamat Nofiyanto Dosen pembimbing 2 :Anggono Joko Prasojo
Uncontrolled Keywords: Infeksi nosokomial, Tingkat pengetahuan, Perilaku
Subjects: Keperawatan > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2017 02:42
Last Modified: 23 Nov 2017 02:42
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/891

Actions (login required)

View Item View Item