HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN KELUARGA DENGAN TUGAS KESEHATAN KELUARGA DALAM MERAWAT LANSIA PENDERITA DIABETES MELITUS DI PUSKESMAS TEMON I KULON PROGO

Tri Astuti, - (2013) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN KELUARGA DENGAN TUGAS KESEHATAN KELUARGA DALAM MERAWAT LANSIA PENDERITA DIABETES MELITUS DI PUSKESMAS TEMON I KULON PROGO. Strata 1 thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Tri Astuti_3209027_nonfull.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Tri Astuti_3209027_full (NXPowerLite Copy)-ilovepdf-compressed-ilovepdf-compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang : Peningkatan jumlah penduduk usia lanjut akan memberikan dampak masalah kesehatan pada usia lanjut. Masalah yang sering dialami usia lanjut salah satunya adalah Diabetes melitus. Hal tersebut merupakan sebuah kondisi yang menekan usia lanjut, yang akan menimbulkan dampak yang lebih buruk. Indikasi dari peningkatan komplikasi Diabetes Melitus di masyarakat tersebut salah satunya karena 82% kuranganya perhatian keluarga terhadap pencegahan dan perawatan anggota keluarga yang mempunyai penyakit Diabetes Melitus. Keluarga memiliki peran yang penting dalam perawatan anggota keluarganya yang menderita Diabetes Melitus. Hal ini sangat berkaitan dengan tugas kesehatan keluarga. Tujuan penelitian : Untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan keluarga dengan tugas kesehatan keluarga dalam merawat lansia penderita Diabetes Melitus di Puskesmas Temon I Kulon Progo. Metode penelitian : Desain penelitian ini menggunakan rancangan non eksperimen dengan menggunakan deskriptif korelasi. Pengambilan sampel dilakukan secara non probability sampling dengan metode total sampling dan diperoleh jumlah sampel 34 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisa data dilakukan secara komputerisasi dengan menggunakan uji Spearman Rank. Hasil penelitian : hasil penalitian ini menunjukan ada hubungan yang signifikan antara tingkat keluarga dengan tugas kesehatan keluarga dalam merawat lansia penderita Diabetes melitus. Hasil uji rank spearman diperoleh p-value sebesar 0,031 < 0,05. Nilai koefisien korelasi yang diperoleh dalam penelitian ini sebesar 0,371 menunjukkan keeratan hubungan tingkat pengetahuan dengan tugas kesehatan keluarga dalam merawat lansia penderita Diabetes melitus adalah rendah karena terletak pada rentang koefisien korelasi 0,200 – 0,399. Kesimpulan : Ada hubungan tingkat pengetahuan keluarga dengan tugas kesehatan keluarga dalam merawat lansia penderita Diabetes Melitus di Wilayah Puskesmas Temon I Kulon Progo.

Item Type: Thesis/Skripsi (Strata 1)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Abdul Majid Dosen Pembimbing 2: Masta Hutasoit
Uncontrolled Keywords: tingkat pengetahuan keluarga, diabetes melitus, tugas kesehatan keluarga
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PG Keperawatan Gerontologi,Gerontik,Lansia
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 24 Nov 2017 07:36
Last Modified: 27 Nov 2017 05:34
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/894

Actions (login required)

View Item View Item