HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP KELUARGA DENGAN KEPATUHAN DALAM MELAKUKAN PENCEGAHAN HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PAJANGAN BANTUL YOGYAKARTA

I Nyoman Adi Permana Putra, - (2014) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP KELUARGA DENGAN KEPATUHAN DALAM MELAKUKAN PENCEGAHAN HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PAJANGAN BANTUL YOGYAKARTA. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text
I Nyoman Adi Permana Putra_3210097_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
I Nyoman Adi Permana Putra_3210097_nonfull.pdf

Download (684kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Hipertensi dapat memicu terjadinya penyakit kardiovaskuler dan penyakit pembuluh darah seperti stroke, infark miokard, dan gagal ginjal. Komponen penting dalam pencegahan hipertensi adalah pengetahuan dan sikap. Individu dengan keluarga hipertensi mempunyai risiko dua kali lebih besar untuk menderita hipertensi sehingga pengetahuan serta sikap tentang hipertensi merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dimiliki untuk meningkatkan kepatuhan dalam melakukan pencegahan hipertensi. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dan sikap keluarga dengan kepatuhan dalam melakukan pencegahan hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Pajangan Bantul Yogyakarta. Metode: Metode penelitian adalah metode survey analitik dengan rancangan cross sectional menggunakan purposive sampling. Responden pada penelitian ini sebanyak 56 responden sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan uji kendall tau. Hasil: Ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dan sikap keluarga dengan kepatuhan dalam melakukan pencegahan hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Pajangan Bantul Yogyakarta. Analisis data dari 56 responden sebagian besar mempunyai tingkat pengetahuan dengan kepatuhan cukup sebanyak 20 responden (35,7%) dengan p value 0.000 dan keeratan 0.765, sedangkan dari 17 responden (30,4%) sebagian besar mempunyai sikap cukup dan kepatuhan cukup dengan p value 0.000 dan keeratan 0.749. Kesimpulan: Bagi keluarga yang beresiko hipertensi disarankan agar lebih aktif dalam mencari informasi tentang hal-hal yang perlu diperhatikan pada hipertensi. Selain itu, perlu melakukan kontrol rutin ke puskesmas, dan memperhatikan asupan makanan yang rendah garam.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1 :Dwi Kartika Rukmi Dosen Pembimbing 2 :Suwarno
Uncontrolled Keywords: tingkat pengetahuan, sikap, kepatuhan, keluarga
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PK Keperawatan Komunitas dan Keluarga
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2017 02:51
Last Modified: 23 Nov 2017 02:51
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/902

Actions (login required)

View Item View Item