HUBUNGAN TINGKAT SPIRITUAL DENGAN KECEMASAN LANSIA MENGHADAPI KEMATIAN DI PSTW UNITABIYOSO PAKEM KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA

Elegia Ria, - (2013) HUBUNGAN TINGKAT SPIRITUAL DENGAN KECEMASAN LANSIA MENGHADAPI KEMATIAN DI PSTW UNITABIYOSO PAKEM KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA. Strata 1 thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Elegia Ria_3209114_nonfull.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Elegia Ria_3209114_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Kehidupan setiap orang akan mengalami proses menjadi tua dan diakhiri dengan kematian. Dengan adanya kematian berarti kehidupan seseorang di dunia ini terputus dan berpisah dengan semua yang dimilikinya, keluarga dan orang-orang yang dicintai.Hal ini sering kali menyebabkan kecemasan bagi seseorang. Demikian pula halnya dengan lanjut usia, selain perubahan yang dialami secara fisik, psikis, dan sosial lanjut usia juga mengalami kecemasan karena menghadapi kematian. Kecemasan yang timbul terhadap peristiwa kematian menyebabkan lanjut usia membutuhkan spiritual sebagai solusi hidupnya. Tujuan Penelitian : Mengetahui hubungan antara tingkat spiritual dengan kecemasan lansia menghadapi kematian di Panti Sosial Tresna Werdha Abiyoso Yogyakarta. Metode Penelitian :Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling yaitu subjek ditentukan berdasarkan kriteria peneliti.Penelitian ini dilakukan pada 62 orang lanjut usia berusia 60 tahun ke atas yang dilakukan pada bulan Juli 2013 di PSTW Abiyoso Yogyakarta. Data penelitian diambil dengan menggunakan kuesioner Spirituality Index Of Well-Being Scale (SIWB) dan Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS). Teknik analisis statistik pada penelitian adalah uji Kendall Taudilakukan dengan menggunakan program komputerisasi. Hasil penelitian :Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara variabel tingkat spiritual dengan kecemasan lansia menghadapi kematian yaitu P-value = 0,227 (P>0,1), dengan demikian hipotesis yang diajukan ditolak. Kesimpulan :tidak ada hubungan yang signifikan antara tingkat spiritual dengan kecemasan lansia menghadapi kematian di PSTW Abiyoso Kabupaten Sleman Yogyakarta.

Item Type: Thesis/Skripsi (Strata 1)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Sarka Ade Susana Dosen Pembimbing 2: Fajriyati Nur Azizah
Uncontrolled Keywords: Lanjut Usia, Tingkat Spiritual, Tingkat Kecemasan Menghadapi Kematian
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PG Keperawatan Gerontologi,Gerontik,Lansia
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 24 Nov 2017 08:16
Last Modified: 24 Nov 2017 08:16
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/903

Actions (login required)

View Item View Item