HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN LAMA KERJA PERAWAT TERHADAP KEPATUHAN PROSEDUR PEMASANGAN KATETER URINE DI IGD RUMAH SAKIT UMUM DAERAH WATES

Khairul Farid, - (2014) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN LAMA KERJA PERAWAT TERHADAP KEPATUHAN PROSEDUR PEMASANGAN KATETER URINE DI IGD RUMAH SAKIT UMUM DAERAH WATES. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text
Khairul Farid_3210037_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Khairul Farid_3210037_nonfull.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Perawat adalah seseorang yang berperan dalam memberikan asuhan keperawatan pada pasien. Pelaksanaan asuhan keperawatan menggambarkan kinerja perawat tersebut yang dipengaruhi tingkat pendidikan dan lama kerja. Tingkat pendidikan dan lama kerja merupakan aspek yang dimiliki perawat untuk memberikan asuhan keperawatan sesuai SOP, salah satunya prosedur pemasangan kateter urine. Pemasangan kateter urine yang tidak sesuai dengan prosedur dapat menyebabkan resiko terhadap infeksi saluran kemih (ISK) dan dianggap salah satu penyebab utama infeksi nosokomial. Tujuan: Untuk mengetahui adakah hubungan tingkat pengetahuan dan lama kerja perawat terhadap kepatuhan prosedur pemasangan kateter urine di IGD RSUD Wates. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini sebanyak 14 responden yang dipilih dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Pengolahan dan analisis data menggunakan uji kendall tau c. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan perawat IGD RSUD Wates tergolong dalam kategori tinggi yaitu 9 perawat (64,3%), lama kerja perawat yang baru 0-5 tahun yaitu 8 perawat (14,3%), dan kepatuhan perawat terhadap prosedur pemasangan kateter urine sebagian besar dalam kategori patuh yaitu 11 perawat (78,6%). Uji statistik menggunakan kendall tau didapatkan nilai p-value lebih kecil dari taraf signifikan (p <0,05). Tingkat pengetahuan perawat didapatkan nilai p-value 0,018 dengan keeratan 0,531, sedangkan lama kerja didapatkan nilai p-value 0,023 dengan keeratan 0,490. Kesimpulan: Terdapat hubungan tingkat pengetahuan dan lama kerja perawat terhadap kepatuhan prosedur pemasangan kateter urine di IGD RSUD Wates.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1 :Muhamat Nofiyanto Dosen Pembimbing 2 :R. Anggono Joko Prasojo
Uncontrolled Keywords: Perawat, Pengetahuan, Lama Kerja, Kepatuhan, Pemasangan Keteter Urine
Subjects: Keperawatan > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2017 02:57
Last Modified: 23 Nov 2017 02:57
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/906

Actions (login required)

View Item View Item