HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN TINGKAT KEPATUHAN MELAKSANAKAN TERAPI PADA PASIEN HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PAJANGAN BANTUL

Dewi Novita Sari, - (2014) HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN TINGKAT KEPATUHAN MELAKSANAKAN TERAPI PADA PASIEN HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PAJANGAN BANTUL. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text
Dewi Novita Sari_3210092_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Dewi Novita Sari_3210092_nonfull.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang :Hipertensi merupakan salah satu penyakit mematikan di dunia. Hipertensi merupakan penyakit kronis yang membutuhkan terapi terus menerus dan seumur hidup. Agar penderita hipertensi dapat patuh menjalani terapi yang terus menerus tersebut dibutuhkan peran serta keluarga untuk membantu penderita. Tujuan Penelitian : Mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dengan tingkat kepatuhan melaksanakan terapi pada pasien hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Pajangan Bantul. Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah observasional dangan pendekatan cross sectional. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria inklusi dan eksklusi dan didapatkan sampel sejumlah 56 orang. Variabel yang diukur pada penelitian ini adalah dukungan keluarga dan tingkat kepatuhan terapi pada pasien hipertensi. Uji statistik yang digunakan adalah kendal tau. Hasil Penelitian : Dukungan keluarga sebagian besar dalam kategori baik sebesar 51,8%, tingkat kepatuhan sebagian besar dalam kategori baik sebesar 50,0%. Hasil analisa bivariat menunjukkan adanya hubungan yang bermakna antara dukungan keluarga dengan tingkat kepatuhan terapi pada pasien hipertensi (p=0,000), dengan kekuatan korelasi sebesar 0,878 yang menunjukkan terdapat hubungan yang sangat kuat. Kesimpulan : Ada hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan tingkat kepatuhan melaksanakan terapi pada pasien hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Pajangan Bantul.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1 :Dwi Kartika Rukmi Dosen pembimbing 2 :Umi Istianah
Uncontrolled Keywords: Dukungan Keluarga, Kepatuhan Terapi, Pasien Hipertensi.
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PK Keperawatan Komunitas dan Keluarga
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2017 03:04
Last Modified: 23 Nov 2017 03:04
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/910

Actions (login required)

View Item View Item