PENGARUH TERAPI DZIKIR TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PASIEN PREOPERASI DI BANGSAL AL-A’RAF RSU PKU MUHAMMADIYAH BANTUL YOGYAKARTA

Muhammad Sar’i, - and Wenny Savitri, - and Sarka Ade Susana, - (2014) PENGARUH TERAPI DZIKIR TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PASIEN PREOPERASI DI BANGSAL AL-A’RAF RSU PKU MUHAMMADIYAH BANTUL YOGYAKARTA. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text
Muhammad Sar i_3210095_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak & Intisari)
Muhamad Sar i Abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Salah satu tugas dari perawat dalam perawatan perioperatif adalah memberikan perawatan pre-operasi sehingga pasien siap menjalankan operasi. Kecemasan merupakan salah satu masalah psikologis yang sering dialami pasien sebelum dilakukan tindakan operasi. Banyak terapi komplementer yang dapat dilakukan perawat untuk mengatasi kecemasan, salah satunya adalah Terapi Dzikir. Terapi Dzikir merupakan salah satu terapi yang berkaitan dengan spiritualitas seseorang yang dapat mempengaruhi saraf dalam otak dan mempunyai efek hipnotis sehingga membuat kondisi seseorang menjadi rileks yang akan mempengaruhi atau menurunkan kecemasan yang dialami. Tujuan Penelitian: Diketahuinya pengaruh terapi dzikir terhadap tingkat kecemasan pasien preoperasi di RSU PKU Muhammadiyah Bantul. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian pre test and post test non equivalent control group. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 48 orang yang dibagi kedalam kelompok kontrol dan intervensi. Hasil penelitian dianalisis menggunakan analisa data t-test. Hasil Penelitian: Hasil uji statistik Paired Sample t-test antara kelompok kontrol dan intervensi. Pada kelompok kontrol menujukkan nilai rata-rata pre test 18,50 menjadi post test 18,38 dan didapatkan nilai (t=0,148, dk=23, dan p>0,05), artinya tidak ada perbedaan rata-rata tingkat kecemasan yang signifikan. Sedangkan pada kelompok intervensi didapatkan nilai rata-rata pre tes 22,54 menurun menjadi 10,58 pada post tes dengan nilai (t=12,838, dk=23, dan p<0,05), artinya ada perbedaan rata-rata tingkat kecemasan yang signifikan pada kelompok intervensi sebelum dan sesudah diberikan terapi dzikir. Hasil uji statistik independent sample t-test pada kelompok kontrol dan intervensi didapatkan nilai (t=-9,406, dk= 48, dan p<0,05), artinya ada pengaruh terapi dzikir terhadap tingkat kecemasan pasien preoperasi yang diberikan intervensi dengan yang tidak diberikan intervensi dzikir. Kesimpulan: Terapi dzikir berpengaruh terhadap tingkat kecemasan pasien preoperasi.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1 :Wenny Savitri Dosen Pembimbing 2 :Sarka Ade Susana
Uncontrolled Keywords: Kecemasan, Preoperasi, Terapi Dzikir, Religius
Subjects: Keperawatan > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 12 Jul 2018 06:56
Last Modified: 12 Jul 2018 06:56
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/914

Actions (login required)

View Item View Item