PENGARUH BRAIN GYM TERHADAP TINGKAT AKTIVITAS DASAR SEHARI-HARI LANSIA DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA UNIT BUDHI LUHUR BANTUL YOGYAKARTA

Eka Novianti, - (2013) PENGARUH BRAIN GYM TERHADAP TINGKAT AKTIVITAS DASAR SEHARI-HARI LANSIA DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA UNIT BUDHI LUHUR BANTUL YOGYAKARTA. Strata 1 thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Eka Novianti_3209012_nonfull.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Eka Novianti_3209012_full (NXPowerLite Copy)-ilovepdf-compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Proses menua adalah suatu proses menurunnya secara perlahan-lahan kemampuan jaringan untuk memperbaiki diri atau mempertahankan fungsi normalnya, sehingga kurang mampu bertahan terhadap infeksi dan memperbaiki kerusakan yang diderita. Menua bukanlah suatu penyakit tetapi merupakan suatu proses berkurangnya daya tahan tubuh dalam menghadapi rangsangan dari dalam maupun luar tubuh. Seiring dengan proses penuaan karena adanya kemunduran kemampuan fisik, permasalahan yang sering terjadi pada lanjut usia adalah berkaitan dengan aktivitas dasar sehari-hari atau mobilisasi. Intervensi guna mempertahankan kemampuan tubuh dan kekuatan otot sabagai upaya peningkatan kemandirian pada lanjut usia salah satunya yaitu dengan pemberian latihan gerak berupa gerakan olah tangan dan kaki seperti brain gym. Tujuan: Menganalisis pengaruh brain gym terhadap tingkat aktivitas dasar sehari-hari lansia di PSTW Unit Budhi Luhur Bantul Yogyakarta. Metode :Penelitian ini menggunakan metode Quasy Eksperimen dengan rancangan one group pre tes-post-test desain tanpa kelompok kontrol. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 23 orang lansia dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan sebelum dan sesudah 3 kali pelaksanaan brain gym dan dianalisa dengan uji wilcoxon signed rank test dengan tingkat kemaknaan α = 0.05 Hasil : Analisiswilcoxon signed rank test menunjukkan signifikansi dengan nilai -3,162 atau p value = 0.002 < α = 0.05. Ini berarti ada pengaruh brain gym terhadap tingkat aktivitas dasar sehari-hari lansia di PSTW Unit Budhi Luhur Bantul Yogyakarta setelah 3 kali (2 x /minggu ) dalam 3 minggu pelaksanaan. Kesimpulan :Ada pengaruh antara brain gym terhadap tingkat aktivitas dasar sehari-hari lansia di PSTW Unit Budhi Luhur Bantul Yogyakarta.

Item Type: Thesis/Skripsi (Strata 1)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Sri Werdati Dosen Pembimbing 2: Fajriyati Nur Azizah
Uncontrolled Keywords: Lansia, Brain gym, Tingkat aktivitas dasar sehari-hari
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PG Keperawatan Gerontologi,Gerontik,Lansia
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 27 Nov 2017 02:15
Last Modified: 27 Nov 2017 02:15
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/916

Actions (login required)

View Item View Item