PENGARUH EMOTIONAL FREEDOM TECHNIQUES TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SEWON II KABUPATEN BANTUL

Teti, - (2013) PENGARUH EMOTIONAL FREEDOM TECHNIQUES TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SEWON II KABUPATEN BANTUL. Strata 1 thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text
Teti_3209093_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Teti_3209093_nonfull.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Hipertensi adalah keadaan ketika tekanan darah sistolik lebih dari 120 mmHg dan tekanan diastolik adalah lebih dari 80 mmHg. Hipertensi yang tidak tertangani akan mengakibatkan komplikasi seperti stroke, penyakit jantung koroner, penyempitan pada pembuluh darah, gagal ginjal, gagal jantung dan diabetes mellitus bahkan bisa menyebabkan kematian. Sehingga mencegah komplikasi tersebut dilakukan salah satunya terapi non farmakologi yaitu dengan menggunakan Emotional Freedom Technique. Tujuan Penelitian: Mengetahui adakah pengaruh emotional freedom techniques terhadap penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu.. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden 30 orang yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok intervensi (n=15) dan kelompok kontrol (n=15). Intervensi dilakukan sebanyak 6 kali sesi pertemuan selama 2 minggu. Uji statistik yang digunakan adalah Paired T-Test dan Independent t-test dengan tingkat kemaknaan α=0,05. Hasil penelitian: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penderita hipertensi pada kelompok intervensi memiliki nilai rerata posttest 21,33 mmHg lebih rendah daripada nilai pretest, sedangkan pada kelompok kontrol memiliki nilai rerata penurunan 7,33 mmHg dari nilai pretest. Hasil uji Paired Sampel t-test didapatkan nilai p = 0,000 (p < 0,005). Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan menurut hasil uji Independent t-test diperoleh nilai t hitung = -6,212 (p = 0,000) dapat diambil kesimpulan ada perbedaan yang signifikan antara penurunan rata-rata tekanan darah antara kelompok intervensi emotional freedom technique dan kelompok kontrol. Kesimpulan: Emotional Freedom Technique memiliki pengaruh dalam penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi yang signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol tanpa Emotional Freedom Technique.

Item Type: Thesis/Skripsi (Strata 1)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Paulus Subiyanto Dosen Pembimbing 2: Fajriyati Nur Azizah
Uncontrolled Keywords: Emotional Freedom Technique, Tekanan Darah, Hipertensi.
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PJ Keperawatan Jiwa
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 27 Nov 2017 02:18
Last Modified: 27 Nov 2017 02:18
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/918

Actions (login required)

View Item View Item