HUBUNGAN PENGETAHUAN KELUARGA TENTANG LEPTOSPIROSIS DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN LEPTOSPIROSIS DI DUSUN POJOK 5 SENDANGAGUNG MINGGIR SLEMAN

Dafid Rian Saputro, - (2013) HUBUNGAN PENGETAHUAN KELUARGA TENTANG LEPTOSPIROSIS DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN LEPTOSPIROSIS DI DUSUN POJOK 5 SENDANGAGUNG MINGGIR SLEMAN. Strata 1 thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dafid Rian Saputro_3208111_nonfull.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
Dafid Rian Saputro_3208111_full (NXPowerLite Copy).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang : Leptospirosis adalah salah satu penyakit infeksi yang terabaikan atau Neglected Infectious Diseases (NIDs) yaitu penyakit infeksi yang endemis pada masyarakat miskin atau populasi petani dan pekerja yang berhubungan dengan air dan tanah di negera berkembang yang disebabkan oleh bakteri Leptospira. Sebagian besar masyarakat belum mengetahui penyebab, faktor risiko dan cara pencegahan serta penganggulangan leptospirosis, hal tersebut disebabkan oleh terbatasnya informasi faktor-faktor yang berasosiasi dengan kejadian leptospirosis dan upaya penanggulangan penderita leptospirosis di saat ini hanya terbatas pada penyuluhan dan pengobatan penderita, sedangkan pencarian penderita, cara pencegahan, penularan leptospirosis dari sumbernya, serta pengendalian reservoir yang tepat dan efisien agar tidak menularkan leptospirosis kepada masyarakat yang lebih luas, belum pernah dilaksanakan secara terpadu. Tujuan : Diketahuinya hubungan pengetahuan keluarga tentang leptospirosis dengan perilaku pencegahan leptospirosis di dusun Pojok 5 Sendangagung Minggir Sleman Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan studi survei analitik dengan rancangan korelasi dan menggunakan desain cross sectional. Total responden 62 dan diseleksi dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan menggunakan uji statistik Chi Square. Hasil : Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki pengetahuan cukup tentang leptospirosis 27 (43,5%) responden. Sebagian besar responden memiliki perilaku pencegahan positif terhadap leptospirosis 33 (53,22%) responden dan ada hubungan yang signifikan antara keduanya yang ditunjukkan dengan nilai p 0,000 < 0,005. Kesimpulan dan saran : Ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan keluarga tentang leptospirosis dengan perilaku pencegahan leptospirosis di dusun Pojok 5 Sendangagung Minggir Sleman, dengan nilai koefisien korelasi 0,496 dengan tingkat keeratan hubungan sedang. Sebagai petugas medis hendaknya memberikan pengertian informasi kepada masyarakat melalui pengetahuan maupun penyuluhan tentang leptospirosis secara berkesinambungan.

Item Type: Thesis/Skripsi (Strata 1)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Tri Prabowo Dosen Pembimbing 2: Ratna Lestari
Uncontrolled Keywords: Leptospirosis, Tingkat Pengetahuan, Perilaku Pencegahan Leptospirosis.
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PK Keperawatan Komunitas dan Keluarga
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 27 Nov 2017 02:23
Last Modified: 27 Nov 2017 02:23
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/920

Actions (login required)

View Item View Item