PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN IBU TENTANG PENANGANAN DEMAM PADA BALITA DI DUSUN PAKELREJO GUNUNGKIDUL

Usbar Wabula, - (2014) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN IBU TENTANG PENANGANAN DEMAM PADA BALITA DI DUSUN PAKELREJO GUNUNGKIDUL. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text
Usbar Wabula_3210021_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Usbar Wabula_3210021_nonfull.pdf

Download (669kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Wilayah tropis merupakan tempat yang baik bagi kuman untuk berkembang biak berbagai penyakit seperti flu, malaria, demam berdarah, pneumoni, dan diare. Akibat yang ditimbulkan dari penyakit tersebut berupa demam yang merupakan peningkatan suhu tubuh dari variasi suhu normal seharihari yang berhubungan dengan peningkatan titik patokan suhu di hipotalamus. Demam pada balita sering menimbulkan kecemasan pada ibu. Ibu memiliki peran yang penting dalam pemeliharaan kesehatan keluarga sehingga diharapkan memiliki pengetahuan baik terhadap penanganan demam. Salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan ibu tentang penanganan demam dengan memberikan pendidikan kesehatan. Tujuan : Diketahuinya pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan ibu tentang penanganan demam pada balita di Dusun Pakelrejo Gunungkidul. Metode : Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan quasi eksperimental dengan pendekatan pre-post test with control group design. Cara pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 36 responden ibu balita yang terdiri dari 18 orang ibu balita kelompok intervensi dan 18 orang ibu balita kelompok kontrol. Uji statistik menggunakan Mann Whitney dan Wilcoxon. Hasil : Hasil analisa bivariat menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan ibu sebelum diberikan intervensi pendidikan kesehatan tentang penanganan demam pada kedua kelompok adalah cukup, kelompok intervensi sebanyak 9 ibu (50,5%) dan kelompok kontrol sebanyak 8 ibu (44,4%), dan hasil analisis data tingkat pengetahuan ibu setelah diberikan intervensi pendidikan kesehatan pada kelompok intervensi sebagian besar adalah baik sebanyak 13 ibu (72,2%) sedangkan pada kelompok kontrol sebagian besar adalah cukup sebanyak 9 ibu (50,0%). Analisa bivariat dengan menggunakan uji Mann Whitney diperoleh p-value sebesar 0,000 < � 0,05. Hasil mean pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan ibu pada balita kelompok intervensi (24,72) dan kelompok kontrol (12,28). Kesimpulan: Ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan ibu tentang penanganan demam pada balita di Dusun Pakelrejo Gunungkidul.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1 :Titih Huriah Dosen Pembimbing 2 :Ratna Lestari
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kesehatan, Pengetahuan, Penanganan Demam
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PK Keperawatan Komunitas dan Keluarga
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2017 03:48
Last Modified: 23 Nov 2017 03:48
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/926

Actions (login required)

View Item View Item