Ahmad Zamzam Hariro, - (2014) HUBUNGAN PERSEPSI PASIEN TERHADAP MUTU ASUHAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG PERAWATAN CANDI BARONG RSUD PRAMBANAN. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
![]() |
Text
Ahmad Zamzam Hariro_3210047_full.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text
Ahmad Zamzam Hariro_3210047_nonfull.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Latar Belakang: Kepuasan pasien tidak boleh diabaikan jika suatu rumah sakit ingin tetap berkembang. Rumah sakit harus memperhatikan kebutuhan dan pandangan klien selama kegiatan asuhan keperawatan. Pandangan/ persepsi merupakan proses mental yang terjadi dalam diri manusia yang menunjukkan bagaimana kita melihat, mendengar, merasakan, mengalami, dan kemudian mengevaluasinya. Pasien pada umumnya memandang asuhan keperawatan berdasarkan kenyataan, kehandalan, cepat tanggap, jaminan, empati. Hasil persepsi pasien terhadap mutu asuhan keperawatan dapat mempengaruhi kepuasan pasien sehingga menjadi keseriusan masalah bagi rumah sakit. Tujuan Penelitian: Diketahuinya hubungan persepsi pasien terhadap mutu asuhan keperawatan dengan kepuasan pasien. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah observasional analitik. Desain penelitian ini menggunakan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel penelitian ini 40 sampel. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan analisis univariat dan bivariat menggunakan program SPSS 16.0. Analisis bivariat menggunakan uji kendall’s tau dengan tingkat signifikan p < 0,1. Hasil: Sebagian besar responden memiliki persepsi baik sebanyak 60%, sebagian besar responden puas sebanyak 62,5%, nilai koefisien korelasi uji kendall’s tau sebesar 0,476 dengan p-value (0,003) < 0,1. Kesimpulan: Ada hubungan signifikan persepsi pasien terhadap mutu asuhan keperawatan dengan kepuasan pasien di ruang perawatan Candi Barong RSUD Prambanan. Secara umum mutu asuahan keperawatan yang diberikan sudah baik sehingga dapat memenuhi harapan pasien.
Item Type: | Thesis (Post-Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing 1 :Sri Arini Winarti Rinawati Dosen Pembimbing 2 :Deby Zulkarnain Rahadian Syah |
Uncontrolled Keywords: | Persepsi pasien, mutu asuhan keperawatan, kepuasan pasien. |
Subjects: | Keperawatan > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan) |
Divisions: | Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Admin Repository Perpustakaan |
Date Deposited: | 23 Nov 2017 04:01 |
Last Modified: | 23 Nov 2017 04:01 |
URI: | http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/930 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |