HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN PELAKSANAAN TENTANG STANDAR ASUHAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP PUSKESMAS PUNUNG KABUPATEN PACITAN PROVINSI JAWA TIMUR

Indra Praja, - (2013) HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN PELAKSANAAN TENTANG STANDAR ASUHAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP PUSKESMAS PUNUNG KABUPATEN PACITAN PROVINSI JAWA TIMUR. Strata 1 thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Indra Praja_3208054_nonfull.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Indra Praja_3208054_full (NXPowerLite Copy).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu faktor penting yang mempengaruhi kualitas pelayanan keperawatan dengan mengacu pada standar asuhan keperawatan oleh tim keperawatan adalah tingkat pengetahuan tentang standar asuhan keperawatan. Pengetahuan perawat tentang standar asuhan keperawatan mengandung aspek penting yaitu aspek positif. Aspek ini yang akan menentukan sikap dan perilaku perawat dalam melaksanakan standar asuhan keperawatan. Semakin banyak aspek positif dan pengetahuan tentang standar asuhan keperawatan yang diketahui, maka akan semakin mendorong pelaksanaan standar asuhan keperawatan pada perawat. Selain itu, pelaksanaan standar asuhan keperawatan yang dilandasi oleh tingkat pengetahuan tentang asuhan standar keperawatan yang baik, akan semakin melanggengkan pelaksanaan asuhan keperawatan pada perawat dalam menjalankan tugas keperawatannya, sebagai salah satu bagian dari upaya mewujudkan kualitas pelayanan kesehatan kepada pasien. Tujuannya penelitian ini diketahui hubungan pengetahuan dengan pelaksanaan tentang standar asuhan keperawatan pada perawat di ruang rawat inap Puskesmas Punung Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Metodeologi penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif analitik dengan rancangan korelasi dan menggunakan desain Cross sectional. Teknik pengambilan sampel dengan total sampel dengan jumlah 10 reponden. Penggumpulan data dengan menggunakan kuisioner untuk tingkat pengetahuan dan Studi dokumentasi untuk pelaksanaan Standar Asuhan Keperawatan. Uji statistik menggunakan analisis korelasi Spearman Rank. Hasil perhitung statistik menggunakan uji Spearman Rank diperoleh p-value sebesar 0,035 < (0,05). Kesimpulan dari penelitian ini ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan perawat dengan pelaksanaan standar asuhan keperawatan oleh perawat di rawat inap Puskesmas Punung Kecamatan Punung Kabupaten Pacitan.

Item Type: Thesis/Skripsi (Strata 1)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Nuryandari Dosen pembimbing 2: Sriyono
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, pelaksanaan, standart asuahan keperawatan, perawat puskesmas.
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 27 Nov 2017 03:07
Last Modified: 27 Nov 2017 03:07
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/939

Actions (login required)

View Item View Item