HUBUNGAN PERAWATAN LUKA PERINEUM DENGAN LAMA PENYEMBUHAN LUKA PERINEUM DI RB AMANDA GAMPING SLEMAN

Jena, Triana Wati Madubun (2015) HUBUNGAN PERAWATAN LUKA PERINEUM DENGAN LAMA PENYEMBUHAN LUKA PERINEUM DI RB AMANDA GAMPING SLEMAN. Diploma thesis, STIKES JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Jena Triana Wati Madubun_1309176_nonfull.pdf

Download (460kB) | Preview
[img] Text
Jena Triana Wati Madubun_1309176_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Salah satu penyebab perdarahan postpartum adalah perlukaan jalan lahir. Robekan perineum terjadi pada hampir persalinan pertama dan tidak jarang juga pada persalinan berikutnya. Perawatan luka perineum sangat penting dilakukan untuk mencegah terjadinya infeksi. Dari studi pendahuluan yang penyusun lakukan pada tanggal 12 April 2012 di RB Amanda, Gamping, Sleman, tentang proses perawatan luka perineum ibu nifas, hasil dari wawancara dari 10 ibu nifas, 5 ibu nifas telah melakukan perawatan luka perineum dengan baik dan 5 ibu nifas tidak melakukan perawatan luka perineum. Kondisi ini tentunya akan mempengaruhi lamanya masa penyembuhan luka perineum pada ibu nifas. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan perawatan luka perineum dengan lama penyembuhan luka perineum di RB Amanda Gamping Sleman. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik total sampling sebanyak 50 ibu nifas. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner tertutup. Uji univariat menggunakan uji deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan analisis chi-kuadrat. Hasil Penelitian: Sebagian besar ibu dengan perawatan luka perineum yang baik sebanyak 33 responden (66%). Sebagian besar ibu dengan lama penyembuhan luka perineum yang tidak lama, sebanyak 35 responden (70%). Hasil uji chi-kuadrat diperoleh nilai sebesar 14,744 dengan sig sebesar 0,000 (sig. < 0,05), , dan nilai koefisien kontigensi sebesar 0,40 – 0,599. Kesimpulan: Ada hubungan antara perawatan luka perineum dengan lama penyembuhan luka perineum yang masuk dalam kategori sedang pada ibu nifas di RB Amanda Gamping Sleman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Dosen Pembimbing I Sri Handayani, S.Kep, Ns, M.Kes., Dosen Pembimbing II Dechoni Rahmawati, SST
Uncontrolled Keywords: Perawatan Luka Perineum, Lama Penyembuhan Luka Perinemum, Care of Perineal Wound, Old Healing of Perineal Wound
Subjects: B Kebidanan (klasifikasi berdasar topik peminatan) > BN Nifas
Divisions: Program Studi > Prodi Kebidanan
Depositing User: Tati Adityanti
Date Deposited: 26 Aug 2016 03:37
Last Modified: 26 Aug 2016 03:37
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/94

Actions (login required)

View Item View Item