HUBUNGAN PERAN ORANGTUA TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN ANAK DENGAN PERUBAHAN POLA TIDUR SELAMA HOSPITALISASI PADA ANAK PRASEKOLAH DI RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL

Meli Amelia, - (2014) HUBUNGAN PERAN ORANGTUA TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN ANAK DENGAN PERUBAHAN POLA TIDUR SELAMA HOSPITALISASI PADA ANAK PRASEKOLAH DI RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text
Meli Amelia_3210050_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Meli Amelia_3210050_nonfull.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Hospitalisasi pada anak akan membawa beberapa perubahan yang bersifat fisik, psikososial maupun spiritual. Perubahan tersebut terjadi karena adanya tekanan atau kisis pada anak. Salah satu gangguan psikis yang terjadi ketika anak menjalani hospitalisasi adalah gangguan pola tidur. Keperawatan anak berpusat pada keluarga, dan orangtua merupakan sosok yang dikenal paling dekat dengan anak ketika anak sakit, sehingga peran orangtua dalam pemenuhan kebutuhan anak selama hospitalisasi sangat diperlukan untuk meminimalkan dampak hospitalisasi termasuk gangguan tidur. Tujuan: Mengetahui hubungan peran orangtua terhadap pemenuhan kebutuhan anak dengan perubahan pola tidur selama hospitalisasi pada anak prasekolah di RSUD Panembahan Senopati Bantul. Metode: Rancangan penelitian yang digunakan adalah survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah orangtua dan anak usia prasekolah (3—6 tahun) yang dirawat di RSUD Panembahan Senopati Bantul. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 40 orangtua dengan anak prasekolah yang menjalani hospitalisasi yang termasuk dalam kriteria inklusi dan ekslusi. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner, dan kemudian dianalisis menggunakan uji statistik Chi-Square (X2) dengan tingkat kepercayaan 95% atau (α < 0,05). Hasil: Terdapat hubungan yang signifikan antara peran orangtua terhadap pemenuhan kebutuhan anak dengan perubahan pola tidur selama hospitalisasi pada anak prasekolah di RSUD Panembahan Senopati Bantul dengan nilai signifikansi sebesar 0,003. Kesimpulan: Peran orangtua dapat mempengaruhi pola tidur anak selama hospitalisasi. Pada saat anak dihospitalisasi, orangtua sebaiknya mempersiapkan diri baik secara fisik maupun psikologis sehingga peran orangtua dalam pemenuhan kebutuhan anak selama hospitalisasi dapat dilakukan secara optimal.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1 :Rahmah Dosen Pembimbing 2 :Retno Sumiyarini
Uncontrolled Keywords: Hospitalisasi, Pola Tidur, Peran Orangtua
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PK Keperawatan Komunitas dan Keluarga
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2017 04:21
Last Modified: 23 Nov 2017 04:21
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/940

Actions (login required)

View Item View Item