HUBUNGAN PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN YANG DIRUJUK DARI PUSKESMAS MUNGKID KE RUMAH SAKIT

Santi Pawitrasari, - (2013) HUBUNGAN PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN YANG DIRUJUK DARI PUSKESMAS MUNGKID KE RUMAH SAKIT. Strata 1 thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Santi Pawitrasari_3209068_nonfull.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Rujukan dari puskesmas ke rumah sakit berkaitan dengan pelayanan kesehatan yang diberikan puskesmas. Rujukan dilakukan karena keterbatasan peralatan, dokter spesialis dan laboratorium. Jumlah rujukan tahun 2011 meningkat karena banyak pasien yang merasa tidak puas dengan proses layanan kesehatan di Puskesmas Mungkid. Jumlah rujukan tahun 2011 sebanyak 20.050 atau sekitar 30 %, sedangkan tahun 2012 sebanyak 7.653 pasien atau sekitar 19,2% sehingga terjadi penurunan jumlah rujukan sebanyak 10,8% karena sudah ada perubahan proses pelayanan kesehatan sehingga banyak pasien yang merasa cukup puas. Selain itu terdapat penurunan kunjungan pasien di Puskesmas Mungkid. Pasien yang dirujuk merasa tidak puas dengan layanan kesehatan karena dianggap tidak sesuai dengan harapannya. Sedangkan pasien yang merasa puas ketika dirujuk karena adanya kesadaran bahwa sakit yang dialaminya tidak dapat ditangani oleh puskesmas. Tujuan Penelitian: Mengetahui hubungan pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien yang dirujuk dari Puskesmas Mungkid ke rumah sakit. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif noneksperimental dengan pendekatan waktu cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang dirujuk oleh Puskesmas Mungkid Magelang ke rumah sakit pada tahun 2012 rata-rata 638 orang per bulan. Teknik sampling menggunakan consecutive sampling. Penelitian pada tanggal 29 Juli – 17 Agustus 2013. Hasil Penelitian: Pasien yang dirujuk dari puskesmas Mungkid ke rumah sakit menilai pelayanan kesehatan di Puskesmas Mungkid termasuk baik 74,7%. Pasien yang dirujuk dari puskesmas Mungkid ke rumah sakit merasa puas dengan pelayanan kesehatan yang diberikan puskesmas Mungkid 72,4%. Kesimpulan: Ada hubungan yang signifikan antara Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Yang Dirujuk dari Puskesmas Mungkid ke Rumah Sakit (p value 0,003).

Item Type: Thesis/Skripsi (Strata 1)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Endang Purwanti Dosen Pembimbing 2: Sulistyaningsih
Uncontrolled Keywords: kepuasan pasien, layanan kesehatan, rujukan
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 27 Nov 2017 03:30
Last Modified: 27 Nov 2017 05:39
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/942

Actions (login required)

View Item View Item