HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSU BETHESDA LEMPUYANGWANGI YOGYAKARTA

Triani Raharjanti, - (2014) HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSU BETHESDA LEMPUYANGWANGI YOGYAKARTA. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text
Triani Raharjanti_32105018_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Triani Raharjanti_32105018_nonfull.pdf

Download (630kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Kualitas pelayanan merupakan suatu pernyataan tentang sikap, hubungan yang dihasilkan dari perbandingan antara ekspektasi (harapan) dengan kinerja (hasil). Kepuasan pasien merupakan nilai subyektif pasien terhadap pelayanan yang diberikan setelah membandingkan dari hasil pelayanan yang diberikan dengan harapannya. Semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat akan kesehatan maka seharusnya dibarengi juga dengan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan. RSU Bethesda Lempuyangwangi merupakan salah satu rujukan puskesmas yang ada di Yogyakarta. Tujuan Penelitian: Diketahuinya kualitas pelayanan rawat inap, kepuasan pasien rawat inap dan keeratan hubungan antara kualitas pelayanan rawat inap terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSU Bethesda Lempuyangwangi Yogyakarta. Metode Penelitian: Rancangan penelitian ini adalah rancangan cross sectional. Jumlah sampel 66 responden dari pasien rawat inap di RSU Bethesda Lempuyangwangi Yogyakarta pada Juni 2014. Analisis data yang digunakan adalah uji chi-square dengan tingkat signifikansi p < 0,1. Hasil: Kualitas pelayanan dalam penelitian ini mayoritas dalam kategori kurang yaitu sebesar 60,6% dan kepuasan pasien mayoritas dalam kategori tidak puas yaitu sebesar 54,5%. Hasil chi-square menunjukan diperoleh hitung = 21,902 > tabel = 3,84 atau nilai p = 0,000 (p < 0,1). Kesimpulan: Hasil analisa menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien di RSU Bethesda Lempuyangwangi Yogyakarta

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen pembimbing 1 :Rosa Delima Ekwantini Dosen Pembimbing 2 :Masta Hutasoit
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan, RSU Bethesda Lempuyangwangi
Subjects: Keperawatan > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2017 05:36
Last Modified: 23 Nov 2017 05:36
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/948

Actions (login required)

View Item View Item