HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PERILAKU SCHOOL BULLYING PADA SISWA DI SEBUAH SMP KABUPATEN BANTUL

Agita Zunilatri Kurniastiti, - and Rahmah, - and Retno Sumiyarini, - (2014) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PERILAKU SCHOOL BULLYING PADA SISWA DI SEBUAH SMP KABUPATEN BANTUL. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Abstrak & Intisari)
Agita Zunilatri Abstrak.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Kecerdasan emosional merupakan sesuatu yang harus dimiliki setiap siswa dalam pengendalian emosinya untuk mengurangi terjadinya bullying. Dengan kecerdasan emosional yang baik, siswa akan mampu memahami perasaannya, mampu mengendalikan dirinya dari hal-hal yang dapat merugikan dirinya dan orang lain sehingga secara emosional siswa akan lebih mampu menjaga perilakunya dan pada akhirnya siswa mampu membina hubungan baik dengan teman serta dapat menjaga hubungan pertemanan tersebut agar tidak melukai perasaan maupun fisik temannya. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan perilaku school bullying pada siswa Sekolah Menengah Pertama di Bantul. Metode : Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan rancangan cross sectional. Cara pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel 92 siswa kelas VIII dan IX. Analisis data univariat dan bivariat dengan uji statistik korelasi Product Moment. Hasil : Hasil analisa univariat menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan emosional siswa termasuk dalam kategori tinggi yaitu sebanyak 51 siswa (55,4%), dan tingkat perilaku school bullying siswa termasuk dalam kategori rendah yaitu sebanyak 53 siswa (57,6%). Analisa bivariat dengan menggunakan uji korelasi Product Moment diperoleh p-value 0,001 < α 0,05. Nilai koefisien -0,571 menunjukkan bahwa tingkat hubungan dalam tingkatan sedang, arah negatif berarti semakin tinggi kecerdasan emosional maka semakin rendah tingkat perilaku school bullying. Kesimpulan: Ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan perilaku school bullying pada siswa di sebuah Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Bantul.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1 :Rahmah Dosen Pembimbing 2:Retno Sumiyarini
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosional dan perilaku school bullying
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PJ Keperawatan Jiwa
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 12 Jul 2018 06:51
Last Modified: 12 Jul 2018 06:51
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/950

Actions (login required)

View Item View Item