HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN GAYA HIDUP PADA WANITA DENGAN DIABETES MELITUS TIPE II DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GAMPING II SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN 2014

Suprapto, - (2014) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN GAYA HIDUP PADA WANITA DENGAN DIABETES MELITUS TIPE II DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GAMPING II SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN 2014. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Suprapto_3210074_nonfull.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Kasus DM pada pasien wanita lebih besar daripada laki-laki, proporsi DM pada pasien wanita sebesar 88,48%. Hasil studi pendahuluan didapatkan pasien wanita yang memiliki DM tipe II sebanyak 74 pasien, berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti terhadap 8 pasien wanita dengan DM, didapatkan 5 orang mereka memiliki pengetahuan yang baik tentang DM tetapi memiliki gaya hidup yang kurang baik. Sedangkan 3 orang penderita memiliki gaya hidup yang sehat tetapi mereka tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang DM. Tujuan :Untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan dengan gaya hidup pada wanita dengan diabetes Melitus tipe II di wilayah kerja Puskesmas Gamping II Sleman Yogyakarta Tahun 2014. Metode: Jenis penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif analitik dengan pendekatancross sectional.Penelitian ini dilaksanakan pada pada tanggal 18-21 Agustus 2014 di wilayah kerja Puskesmas Gamping II Sleman Yogyakarta.Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh wanita dengan diabetes melitus tipe II sebanyak 74 pasien diabetes wanita Hasil :Tingkat pengetahuan tentang diabetes melitus pada wanita dengan diabetes melitus tipe II berada pada kategori tinggi (56.5%). Gaya hidup wanita dengan diabetes melitus tipe II memiliki gaya hidup sehat (54.8%). Hasil uji statistik diperoleh hasil (p value = 0.013). Kesimpulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dengan gaya hidup pada wanita dengan diabetes melitus tipe II di wilayah kerja Puskesmas Gamping II Sleman Yogyakarta Tahun 2014 Saran :Bagi wanita dengan diabetes Melitus tipe II agar menjaga gaya hidupnya dengan baik.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1 :Dwi Kartika Rukmi Dosen Pembimbing 2 :Abdul Majid
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Gaya Hidup, Diabetes Melitus Tipe II.
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PK Keperawatan Komunitas dan Keluarga
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2017 06:38
Last Modified: 23 Nov 2017 06:38
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/959

Actions (login required)

View Item View Item