GAMBARAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN IBU NIFAS TENTANG TEHNIK MENYUSUI YANG BENAR DIWILAYAH PUSKESMAS KALIBENING TAHUN 2009

Masruki, - and Shinta Siswoyo Putri, - and Dian Puspitasari, - (2010) GAMBARAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN IBU NIFAS TENTANG TEHNIK MENYUSUI YANG BENAR DIWILAYAH PUSKESMAS KALIBENING TAHUN 2009. Kebidanan, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Masruki_1307514_nonfull.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text
Masruki_1307514_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Masa nifas merupakan masa awal menyusui. Pada masa tersebut ibu sangat memerlukan pengetahuan tentang tehnik menyusui yang benar. Tehnik menyusui yang benar dapat diketahui ibu nifas salah satunya adalah melalui konseling dari petugas kesehatan. Dari besarnya jumlah ibu nifas di Kecamatan Kalibening, penting mengetahui sejauh mana tingkat pengetahuan mereka tentang tehnik menyusui yang benar. Setelah diketahui sejauh mana tingkat pengetahuan awal ibu nifas tentang tehnik menyusui yang benar selanjutnya dapat dilakukan konseling. Namun hingga sekarang belum diketahui sebaran tingkat pendidikan dan pengetahuan ibu tentang tehnik menyusui yang benar. Hal ini yang melatar belakangi penelitian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran tingkat pendidikan dan pengetahuan ibu nifas tentang tehnik menyusui yang benar di wilayah Puskesmas Kalibening tahun 2009. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat pendidikan ibu nifas di wilayah dan untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu nifas tentang tehnik menyusui yang benar di wilayah Puskesmas Kalibening tahun 2009. Desain penelitian ini bersikap deskriptif dengan sampel sejumlah 38 ibu nifas di wilayah kerja Puskesmas. Data diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum tingkat pengetahuan ibu nifas tentang tehnik menyusui yang benar adalah cukup,dimana 50 % responden berpengetahuan cukup, 26,3 % berpengetahuan baik dan 23,7 % berpengetahuan kurang.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendidikan, Pengetahuan, Ibu Nifas, Tehnik Menyusui Yang Benar
Subjects: B Kebidanan (klasifikasi berdasar topik peminatan) > BN Nifas
Divisions: Program Studi > Prodi Kebidanan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 02 Nov 2017 02:33
Last Modified: 16 May 2019 05:04
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/975

Actions (login required)

View Item View Item