HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN IBU DENGAN KETEPATAN WAKTU PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI DI POSYANDU DESA KLIWONAN KECAMATAN MASARAN KABUPATEN SRAGEN

Tri Winasih, - (2009) HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN IBU DENGAN KETEPATAN WAKTU PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI DI POSYANDU DESA KLIWONAN KECAMATAN MASARAN KABUPATEN SRAGEN. Kebidanan, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Tri Winasih_13206032_nonfull.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text
Tri Winasih_13206032_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)

Abstract

UNICEF, WHO dan IDAI merekomendasikan pemberian Asi eksklusif pada bayi sampai dengan umur 6 bulan. Tetapi dalam pemberian makanan pendamping Asi masih banyak sekalil yang kurang memperhatikan waktu yang tepat. Salah satunya karena kurangnya pengetahuan ibu. Maka dari itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian. Tujuan : untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu dengan ketepatan waktu pemberian makanan pendamping Asi di Posyandu desa Kliwonan Kecamatan Masaran Kabupaten sragen. Metode Penelitian : Metode yang digunakan adalah metode analitik observasional dengan menggunakan pendekatan cross sexional dengan data primer yang didapatkan dari penyebaran kuisioner kepada 40 responden, Hasil : Distribusi berdasarkan pengetahuan diperoleh data responden baerpengetahuan rendah 30%, berpengetahuan sedang 60% dan berpengetahuan tinggi 10%. Sedangkan distribusi berdasarkan ketepatan waktu pemberian makanan pendamping Asi diperoleh 67,50% responden dikategorikan tepat waktu dengan frekwensi 27 dari 40 responden, sedang 32,50% dikategorikan tidak tepat waktu dengan frekwensi 13 dari 40 responden. Hasil analisis dengan menggunakan program minitab memberikan informasi bahwa pada uji korelasi, hipotesis null yang menyatakan “ tidak ada hubungan antara tingkat pengetahuan ibu dengan ketepatan waktu pemberian makanan pendamping Asi diposyandu desa Kliwonan Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen “ ditolak pada signifikansi 5% (p-value = 0.00 < 0,005) dengan besar koefisiensi korelasi 0,822. Hal ini berarti terdapat hubungan yang kuat antara tingkat pengetahuan ibu dengan ketepatan waktu plemberian makanan pendamping Asi. Kesimpulan : semakin tinggi tingkat pengetahuan seseorang maka akan lebih tepat pula dalam pemberian makanan pendampig Asi.

Item Type: Other
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Agung Putri Dosen Pembimbing 2: Nani Kanari
Uncontrolled Keywords: Pemberian Makanan Pendamping ASI, Pengetahuan, Tepat Waktu
Subjects: Kebidanan > BA Balita & Anak
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Kebidanan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 02 Nov 2017 07:19
Last Modified: 02 Nov 2017 07:25
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/980

Actions (login required)

View Item View Item