Analisis Kepuasan Pasien BPJS Dalam Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Di Puskesmas Gedongtengen Yogyakarta

Nanda Muchdalifa Bahansubu, - and Ratna Prahesti, - (2023) Analisis Kepuasan Pasien BPJS Dalam Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Di Puskesmas Gedongtengen Yogyakarta. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[thumbnail of JUDUL_201204074_Nanda Muchdalifa Bahansubu_Rekam Medis.pdf] Text
JUDUL_201204074_Nanda Muchdalifa Bahansubu_Rekam Medis.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of ABSTRAK_201204074_NANDA MUCHDALIFA BAHANSUBU_RMIK D3.pdf] Text
ABSTRAK_201204074_NANDA MUCHDALIFA BAHANSUBU_RMIK D3.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of BAB 1_201204074_Nanda Muchdalifa Bahansubu_Rekam Medis.pdf] Text
BAB 1_201204074_Nanda Muchdalifa Bahansubu_Rekam Medis.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of BAB 2_201204074_Nanda Muchdalifa Bahansubu_Rekam Medis.pdf] Text
BAB 2_201204074_Nanda Muchdalifa Bahansubu_Rekam Medis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[thumbnail of BAB 3_201204074_Nanda Muchdalifa Bahansubu_Rekam Medis.pdf] Text
BAB 3_201204074_Nanda Muchdalifa Bahansubu_Rekam Medis.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of BAB 4_201204074_Nanda Muchdalifa Bahansubu_Rekam Medis.pdf] Text
BAB 4_201204074_Nanda Muchdalifa Bahansubu_Rekam Medis.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of BAB 5_201204074_Nanda Muchdalifa Bahansubu_Rekam Medis.pdf] Text
BAB 5_201204074_Nanda Muchdalifa Bahansubu_Rekam Medis.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_201204074_Nanda Muchdalifa Bahansubu_Rekam Medis.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_201204074_Nanda Muchdalifa Bahansubu_Rekam Medis.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of LAMPIRAN_201204074_Nanda Muchdalifa Bahansubu_Rekam Medis.pdf] Text
LAMPIRAN_201204074_Nanda Muchdalifa Bahansubu_Rekam Medis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of PLAGIARISME_201204074_NANDA MUCHDALIFA BAHANSUBU_RMIK.pdf] Text
PLAGIARISME_201204074_NANDA MUCHDALIFA BAHANSUBU_RMIK.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://unjaya.ac.id/

Abstract

Latar Belakang: Kepuasan pasien yaitu hasil penilaian dari pasien terhadap pelayanan kesehatan dengan membandingkan apa yang diharapkan sesuai dengan pelayanan yang diterimanya, aspek yang dapat mempengaruhi kepuasan pasien yaitu menunggu lama saat waktu pendaftaran, sarana dan prasarana yang meliputi gedung, pengetahuan petugas, kehandalan dan kecepatan petugas dalam memberikan pelayanan. Jika kinerja
berada dibawah maka pelanggan akan merasa tidak puas, apabila kinerja memenuhi harapan maka pelanggan akan merasa puas. Upaya peningkatan kepuasan pasien, khususnya kepatuhan terhadap standar, diperlukan petugas yang bukan hanya dapat
melaksanakan kerja yang baik tetapi ramah, simpatik, penuh pengertian dan terampil. Studi pendahuluan di Puskesmas Gedongtengen Yogyakarta dengan hasil temuan pasien mengatakan bahwa petugas yang kurang ramah, waktu tunggu mendapatkan pelayanan cukup lama sehinga pasien mendapatkan pelayanan medis bisa lebih dari 30 menit.
Tujuan: Mengetahui kepuasan pasien berdasarkan dimensi kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Gedongtengen Yogyakarta dilihat dari 5 dimensi kualitas pelayanan yaitu tangibles, reability, responsiveness, assurance, dan emphaty
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian menggunakan cross sectional, teknik pengambilan
sampel accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden, metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, menggunakan analisis univariat.
Hasil Penelitian: Kepuasan pasien dalam pelayanan kesehatan di Puskesmas Gedongtengen Yogyakarta pada dimensi tangibles 62.0%, dimensi reliability 70.0%, dimensi responsiveness 38.0%, dimensi assurance 78.0%, dimensi emphaty 70.0%.
Kesimpulan: Kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Gedongtengen Yogyakarta termasuk dalam kategori puas dengan presentase jawaban responden sebesar 70.0%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RZ Medical Record and Health Information
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Mrs Tiara DP
Date Deposited: 07 May 2024 04:23
Last Modified: 07 May 2024 04:23
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/2401

Actions (login required)

View Item
View Item