Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Gamping 1

Selma Hanita Yasmin, - and Eniyati, - (2023) Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Gamping 1. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[thumbnail of Judul_201204100_Selma Hanita Yasmin_RMIK.pdf] Text
Judul_201204100_Selma Hanita Yasmin_RMIK.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of Abstrak_2012100_Selma Hanita Yasmin_RMIK.pdf] Text
Abstrak_2012100_Selma Hanita Yasmin_RMIK.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of Bab I_2012100_Selma Hanita Yasmin_RMIK.pdf] Text
Bab I_2012100_Selma Hanita Yasmin_RMIK.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of Bab II_2012100_Selma Hanita Yasmin_RMIK.pdf] Text
Bab II_2012100_Selma Hanita Yasmin_RMIK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[thumbnail of Bab III_2012100_Selma Hanita Yasmin_RMIK.pdf] Text
Bab III_2012100_Selma Hanita Yasmin_RMIK.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of Bab IV_2012100_Selma Hanita Yasmin_RMIK.pdf] Text
Bab IV_2012100_Selma Hanita Yasmin_RMIK.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of Bab V_2012100_Selma Hanita Yasmin_RMIK.pdf] Text
Bab V_2012100_Selma Hanita Yasmin_RMIK.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of Daftar pustaka_2012100_Selma Hanita Yasmin_RMIK.pdf] Text
Daftar pustaka_2012100_Selma Hanita Yasmin_RMIK.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of Lampiran_201204100_Selma Hanita Yasmin_RMIK.pdf] Text
Lampiran_201204100_Selma Hanita Yasmin_RMIK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Cek Plagiarisme _201204100_Selma Hanita Yasmin_RMIK.pdf] Text
Cek Plagiarisme _201204100_Selma Hanita Yasmin_RMIK.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://unjaya.ac.id/

Abstract

Latar Belakang: Kepuasan pasien adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperoleh setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkan. Pasien mendapatkan pelayanan melalui program BPJS ini masih ada berbagai macam tanggapan hingga permasalahan dari pasien BPJS seperti penolakan pasien BPJS kesehatan, waktu pelayanan yang lama, pelayanan yang kurang memadai, tidak bisa klaim atau kartu
terblokir, alat kesehatan, sarana dan prasarana dan layanan untuk obat yang tidak sesuai dibandingan dengan pasien yang bayar langsung. Terdapat 8 pasien BPJS di Puskesmas Gamping yang mengatakan bahwa pelayanan yang diberikan cukup puas, mereka juga merasa nyaman saat menunggu pemeriksaan di ruang tunggu, 5 pasien 3 yang mengatakan puas terhadap pelayanan yang telah diberikan.
Tujuan Penelitian: Mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien BPJS Kesehatan terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Gamping 1
Metode: Deskriptif Kuantitatif
Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan kepuasan pasien berdasarkan Reliability kategori sangat puas yaitu 15 (30%) responden, puas sebanyak 27 (54%) responden, cukup puas sebanyak 6 (12%) responden, dan tidak puas sebanyak 2
(4%) responden. Berdasarkan Responsiveness kategori sangat puas yaitu 14 (28%) responden, puas sebanyak 26 (52%) responden, dan cukup puas 10 responden (20%). Berdasarkan Assurance kategori sangat puas yaitu 15 (30%) responden,
puas sebanyak 31 (62%) responden, dan cukup puas sebanyak 4 (8%) responden. Berdasarkan Tangibles kategori sangat puas yaitu 18 (36%) responden, puas sebanyak 29 (58%) responden, cukup puas sebanyak 3 (6%) responden dan berdasarkan Empathy sangat puas yaitu 18 (36%) responden, puas sebanyak 26 (32%) responden, cukup puas sebanyak 3 (6%) responden, dan tidak puas sebanyak 3 (6%) responden.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RZ Medical Record and Health Information
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Mrs Tiara DP
Date Deposited: 08 May 2024 06:47
Last Modified: 08 May 2024 06:47
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/2423

Actions (login required)

View Item
View Item